Info

Hindari Makan Nasi Goreng Dengan Timun!

Makan nasi goreng dengan timun sebagai lalapan akan memicu risiko terkena kanker.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Nasi goreng dengan timun (YouTube)
Nasi goreng dengan timun (YouTube)

Himedik.com - Timun dikenal sebagai makanan yang segar dan kaya manfaat. Timun mengandung banyak mineral seperti kalium, magnesium, zinc, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Sebab kandungan mineral itu, banyak wanita yang menggunakan timun sebagai bahan masker alami untuk kecantikan. 

Selain itu, timun biasanya dijadikan pelengkap makanan karena rasanya yang segar dan bernutrisi. Jadi selalu cocok dan sedap jika disantap dengan berbagai masakan, misalnya ayam goreng, lele goreng, nasi goreng, dan lain-lain.

Namun, apakah kamu tahu jika makan nasi goreng dengan timun sebagai lalapan adalah hal yang cukup berbahaya?

Kandungan gizi yang terdapat pada timun memang sangat baik bagi kesehatan, tapi kita tidak boleh makan timun sembarangan.

Nasi goreng dengan timun (realthairecipes).
Nasi goreng dengan timun (realthairecipes).

Dilansir Science Daily, seorang peneliti di University of The Basque Country menyatakan bahwa nasi goreng yang dibuat dengan minyak yang sudah terpakai akan memunculkan zat aldehida.

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat aldehida dan dilanjutkan dengan makan timun akan menyebabkan radang tenggorokan.

Hal ini terjadi karena getah timun yang tercampur dengan aldehida membuat tenggorokan tercemar dan tidak sehat. Lebih buruknya lagi, zat aldehida dapat memicu risiko terkena kanker.

Tak hanya nasi goreng, makanan lain yang mengandung zat aldehida juga akan menimbulkan dampak yang sama jika dilanjutkan dengan makan timun.

Untuk menghindari bahaya ini, jika memasak nasi goreng sebaiknya gunakan minyak baru dan bersih.

Berita Terkait

Berita Terkini