Info

Waspadai Dampak Internet Bagi Kesehatan

Jika kamu tidak bisa kontrol penggunannya, Internet bisa ancam kesehatanmu.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

internet (steemit)
internet (steemit)

Himedik.com - Internet membuat semuanya menjadi mudah. Komunikasi jarak jauh yang tadinya hanya via telepon dan sms, sekarang semakin dipermudah dengan adanya internet. Internet mendukung penggunaan aplikasi chatting yang mana memperlancar jalinan komunikasi.

Tapi, di balik semua kemudahan yang ditawarkan ada hal yang perlu diwaspadi. Pasalnya hal tersebut memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Simak penjelasan lengkapnya.

1. Hilangnya sensasi sensori

Ketika kita berkomunikasi melalui sosial media, mungkin bisa saja kita melihat ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya. Tetapi kita tidak bisa merasakan sentuhan fisik sehingga bisa menghilangkan sensasi sensori lainnya.

Hal tersebut bukan tidak mungkin mengurangi minat terhadap pertemuan tatap muka langsung. Akibatnya kita merasa aman dan lebih bebas berbagi informasi tanpa peduli kebenarannya.

Bahkan kita juga tidak akan peduli apakah informasi yang diberikan akan menyakiti orang lain apa tidak. Dampak terburuknya keterampilan interpersonal, simpati, dan empati akan menurun.

2. Gangguan mental

Gangguan mental seperti depresi bahkan skizofrenia bisa muncul akibat kecanduan internet. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh Psychologial Association tahun 2011 bahwa penyakit tersebut ada kaitannya dengan remaja yang aktif menggunakan sosial media.

Stres (unsplash)
ilustrasi depresi (unsplash)

3. Tidur terganggu

Menurut Dr. Heather Clealand Wood yang merupakan dosen psikologi Universitas Glasgow, remaja yang gemar melakukan kegiatan berbasis online hingga malam akan lebih rentan mengalami gangguan tidur.

Padahal kualitas tidur yang tidak baik tentunya akan berdampak pada kesehatan. Beragam penyakit serius akan mengancam kesehatan jika kamu tidak cukup tidur. Sehingga aktivitas sehari-hari menjadi kurang produktif.

Internet memang baik, tapi kalau kamu tidak bisa kontrol penggunaannya, ketiga dampak buruk di atas dan beragam dampak buruk lainnya bisa mengganggu kesehatan. Baik itu secara fisik ataupun psikis.

Berita Terkait

Berita Terkini