Info

Jangan Katakan Lima Kalimat Ini Kepada Ibu Hamil!

Bisa bikin tersinggung bahkan emosi ya.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Jangan katakan ini kepada ibu hamil. (mommynearest.com)
Jangan katakan ini kepada ibu hamil. (mommynearest.com)

Himedik.com - Di masa kehamilan, wajar jika seorang ibu biasanya akan lebih merasa sensitif lantaran perubahan hormon di dalam tubuh.

Perasaan takut, cemas, dan bahagia bercampur aduk, apalagi bagi ibu hamil yang akan melahirkan anak pertamanya. Merasa lelah juga bisa membuat mereka lebih moody.

Untuk itu, beberapa kata memang dilarang disebutkan ketika seorang ibu sedang mengandung jika tak ingin membuatnya tersinggung bahkan memicu emosinya.

HiMedik telah berhasil mendapatkan lima kalimat yang dilarang diucapkan kepada ibu hamil.

1. Hamil kok kurus sih?

Pertanyaan ini haram hukumnya untuk diucapakan kepada ibu hamil. Ini memberi kesan jika kamu mengejek kehamilannya. Jauhi juga kalimat yang memiliki makna sama seperti, ''Kalau ibunya kurus memang bayinya sehat?'' atau ''Ibunya kecil tapi kok perutnya terlalu besar?''

2. Sudah tua masih hamil?

Umur bukan menjadi penghalang bagi seorang ibu untuk mengandung. Bisa saja karena ia baru siap menjadi orang tua di saat itu atau mungkin karena ia mengalami masalah kesehatan.

Jangan katakan ini kepada ibu hamil. (Mamamia)
Jangan katakan ini kepada ibu hamil. (Mamamia)

3. Jangan malas dong, mentang-mentang lagi hamil.

Di saat hamil, tubuh seorang ibu akan mudah merasa lelah sehingga wajar jika ia membutuhkan lebih banyak istirahat. Kamu bisa memberinya bantuan daripada kamu mengatakan hal negatif tersebut.

4. Melahirkan itu sakit lho.

Di saat kehamilan, pikiran ibu hamil dipenuhi oleh berbagai hal, salah satunya saat melahirkan. Ketika berbicara dengan mereka, kamu sebaiknya tidak menakut-nakuti mereka dengan membicarakan soal ini.

Ini bisa menimbulkan rasa takut dan cemas ketika mereka akan melahirkan. Bahkan ini juga bisa mengubah mental mereka menjadi down.

5. Kok perginya sendirian? Ayahnya mana?

Kamu juga sebaiknya tidak mengatakan soal ini kepada ibu hamil. Bisa saja suaminya lagi sibuk dengan pekerjaan kantor sehingga tidak bisa menemaninya ketika pergi.

Lima kalimat di atas sebaiknya jangan kamu ucapkan pada mereka yang lagi mengandung. Daripada kamu memberikan kalimat-kalimat negatif, akan lebih baik jika berikan dia support.

Berbagai dukungan yang diberikan kepada ibu hamil akan lebih membuatnya semangat ketika menjalani masa kehamilan.

Berita Terkait

Berita Terkini