Info

Deretan Artis Cantik Ini Ikut Boxing, Lihat Manfaat Olahraga Ini

Mau punya bentuk badan seperti deretan artis ini kan?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)
Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)

Himedik.com - Boxing menjadi salah satu olahraga yang diminati banyak artis saat ini. Sekarang, olahraga ini juga bisa dengan mudah dilakukan dengan mendatangkan trainer ke rumah.

Artis cantik Mikha Tambayong, Tamara Bleszynski dan Maudy Ayunda diketahui menyukai olahraga ini. Terbukti dari unggahan mereka pada sosial media, instagram. Bahkan ada dari mereka yang mengatakan sudah menyukai boxing sejak beberapa tahun lalu.

Selain membentuk tubuh, latihan fisik ini juga memiliki beberapa manfaat lain. Berikut alasan kenapa boxing menjadi olahraga yang harus kamu coba, dirangkum HiMedik dari medical daily.

1. Kamu bisa menggunakan setiap bagian tubuhmu

Hernan Santa Jr., kepala program sparing di EverybodyFights di New York mengatakan jika kamu melakukan boxing dengan benar maka kamu telah bergerak dalam berbagai cara, misalnya menunduk, menekuk serta melempar pukulan.

Santa menambahkan kamu juga bisa melatih punggung, bahu dan juga perut.

Mikha Tambayong. (Instagram @miktambayong)
Mikha Tambayong. (Instagram @miktambayong)

2. Sangat efektif untuk membakar kalori

Tinju dapat membakar hingga 800 kalori per jam yang dianggap paling banyak membakar kalori dibandingkan jenis olahraga lain.

Jessica Matthews, seorang ahli fisiologi olahraga untuk American Council on Exercise menjelaskan jika tinju dilakukan di dalam ring, maka sebanyak 400 kalori terbakar. Sementara jika berlatih bersama trainer, sekitar 300 kalori yang terbakar.

Sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan nih.

Tamara Bleszynski dan anaknya. (Instagram @tamarableszynskiofficial)
Tamara Bleszynski dan anaknya. (Instagram @tamarableszynskiofficial)

3. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Tinju melibatkan banyak fokus, memproses apa yang dilihat dan merespon dengan gerakan yang sesuai. Otak dilatih untuk memproses itu semua dalam waktu yang bersamaan. Sehingga mereka yang didiagnosis parkinson disarankan untuk mengambil olahraga ini.

''Tinju melakukan beberapa hal yang dibutuhkan penderita parkinson karena menyangkut gerakan rotasi, kekuatan dan banyak putaran,'' tutur Patricia Wessels, seorang ahli terapi fisik di Mind Body Physical Therapy & Wellness Centre. Inc.

Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)
Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)

4. Latihan terbaik untuk menghilangkan stres

Tinju dapat meningkatkan suasana hati. "Ketika melakukan aktivitas fisik, otak meningkatkan produksi endorfin serta neurotransmiter yang menciptakan pikiran-pikiran yang baik," kata Tanya Morgan, seorang pelatih tinju dari gym elit BXR London.

Efek penghilang stres tidak terbatas pada otak karena tindakan meninju juga membantu mengurangi ketegangan otot yang cenderung ada sebagai akibat dari stres.

Berita Terkait

Berita Terkini