Info

Gaya Hidup Orang Jepang yang Wajib Ditiru

Jika tidak menyukai makanan mentah, bisa ikuti gaya hidup mereka yang lain.

Dany Garjito | Krishnayanti C

Ilustrasi (historyplex)
Ilustrasi (historyplex)

Himedik.com - Budaya di Indonesia memang berbeda dengan di luar negeri, khususnya Jepang. Dari makanan, gaya hidup, adat, dan lain-lain.

Dibanding dengan warga di Jepang yang pergi kemanapun selalu berjalan, berbeda dengan Indonesia yang malas berjalan. Apalagi saat ini banyak taksi maupun ojek online yang memudahkan kita untuk pergi ke mana saja.

Tidak hanya itu, masih banyak gaya hidup warga Jepang yang bermanfaat bagi kesehatan dan wajib untuk ditiru. Apa aja sih? Yuk simak.

1. Berjalan atau bersepeda

80% orang Jepang lebih menyukai berjalan kaki atau bersepeda. Alasannya selain menyehatkan, biaya parkir kendaraan pribadi juga sangat mahal.

Selain itu, tidak banyaknya kendaraan bermotor atau mobil di kota-kota Jepang menjadikan masyarakatnya lebih sehat karena tidak ada polusi kendaraan.

2. Mengonsumsi makanan mentah

Kebiasaan orang Jepang makan makanan mentah memang sudah turun temurun. Hingga saat ini, sashimi menjadi makanan kebanggaan mereka.

Menurut penelitian, makanan yang diolah di atas temperatur 40 derajat akan merusak enzim dan nutrisi makanan.

3. Minum teh

Sebelum atau setelah makan, mereka selalu minum teh, khususnya teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran peredaran darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, dan hipertensi.

4. Makan porsi kecil

Orang Jepang lebih menyukai makanan porsi kecil namun bervariasi. Nasi yang mereka konsumsi setiap kali makan juga hanya semangkuk kecil dan tidak lebih.

Hal ini bagus untuk mengontrol kadar gula karena nasi yang dikonsumsi tidak banyak.

5. Berendam air panas

Bagi mereka berendam air panas adalah kegiatan favorit, karena dapat melancarkan peredaran darah serta sebagai relaksasi.

6. Makan sayur

Hampir sebagian besar orang Jepang tidak menyukai mengonsumsi makanan cepat saji. Mereka lebih menyukai makan sayuran mentah seperti salad yang berisi kol, lobak, dan wortel.

Terbukti, jika berkunjung ke restoran Jepang pasti menyediakan salad atau sayuran mentah.

Nah, menarik bukan gaya hidup orang Jepang? 

Berita Terkait

Berita Terkini