Info

Posisi Tidur Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan

Salah satunya bisa sebabkan hypopnea, yaitu kondisi periode pernapasan dangkal yang abnormal.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tidur siang (chopra)
Tidur siang (chopra)

Himedik.com - Setiap orang pasti memiliki gaya tidur favoritnya masing-masing. Mulai dari miring, terlentang, hingga tengkurap. Namun ternyata gaya tidur favorit seseorang bisa pengaruhi kesehatan, lho! Berikut penejelasan lengkapnya.

1. Tidur miring
Sejumlah studi menjelaskan bahwa orang-orang yang terbiasa tidur miring ke kiri lebih sering mengalami mimpi buruk dari pada mereka yang terbiasa tidur miring ke kanan.

Sebaliknya jika kamu tidur miring ke kanan maka memungkinkan adanya peningkatan gelaja refluks asam lambung. Hal ini karena tidur miring ke kanan dipercaya memicu relaksasi cincin otot di dasar kerongkongan.

Yang mana seharusnya cincin tersebut berfungsi untuk menahan cairan asam lambung mengalir kembali ke atas. Meski teori ini belum terbukti secara penuh, namun tidak ada salahnya penderita asam lambung memerhatikan hal ini.

Tidur miring ke kanan (acmh)
Ilustrasi tidur miring. (acmh)

2. Tidur tengkurap
Tidur tengkurap dikatakan bisa menyebabkan nyeri punggung bawah dan meratakan kurva alami tulang belakang. Bahkan tidur dengan posisi tengkurap membuat seseorang tidak sadar memelintir lehernya ke kiri atau ke kanan selama tidur.

Tak hanya itu, jika kamu memiliki gangguan pernapasan, maka posisi tidur tengkurap bisa menyebabkan penyakit kambuh.

Tidur siang (melbournemindfulnessfoundation)
Ilustrasi tidur tengkurap. (melbournemindfulnessfoundation)

3. Tidur terlentang
Penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan fakta bahwa orang yang suka tidur terlentang lebih sering mengalami hypopnea dan sleep apnea.

Hypopnea merupakan kondisi periode pernapasan dangkal yang abnormal. Sedangkan sleep apnea merupakan kondisi yang memicu pernapasan sering berhenti sesaat selama tidur.

Kedua hal tersebut bisa terjadi karena ketika tidur terlentang, gravitasi bumi menyebabkan langit-langit mulut di pangkal lidah dan ujung rahang mengendur dan merosot ke belakang tenggorokan.

Manfaat tidur tanpa bantal. (G9Sleeptight.com)
Ilustrasi tidur terlentang. (G9Sleeptight.com)

Namun ada manfaat yang bisa didapatkan jika kamu suka tidur terlentang. Yaitu mencegah timbulnya kerutan di wajah karena mata dan pipi tidak bergesekan dengan bantal.

Kesimpulannya, posisi tidur memang terbukti bisa memengaruhi kesehatan. Jadi, jika kamu punya gangguan kesehatan tertentu seperti sleep apnea misalnya, maka sebaiknya hindari tidur dengan posisi terlentang.

Berita Terkait

Berita Terkini