Info

Sannakji, Hidangan Gurita Hidup dan Kaitannya dengan Kesehatan

Sannakji merupakan hidangan yang menyajikan gurita hidup.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sannakji. (YouTube)
Sannakji. (YouTube)

Himedik.com - Hidangan Sannakji atau gurita hidup ini bukanlah hal baru di dunia kuliner. Berasal dari Korea, hidangan ini menawarkan kelezatan namun juga kekhawatiran bagi penikmatnya.

Pasalnya jika tidak berhati-hati, tentakel gurita bisa tersangkut di tenggorokan. Akibatnya konsumen bisa tersedak dan saluran pernapasan menjadi tersumbat.

Tak tanggung-tanggung, bahkan setiap tahun ada setidaknya enam warga Korea yang meninggal karena tersedak Sannakji.

Dari segi kesehatan, makanan ini nampaknya memang cukup membahayakan nyawa. Namun jika kamu memakan dengan hati-hati kejadian seperti tersedak tentakel bisa dihindari.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba sannakji, cobalah untuk melihat video mukbang sannakji berikut.

Di video tersebut terlihat dua orang wanita yang awalnya begitu geli melihat gurita menggeliat di mangkuk yang telah terisi mie. Tak lama, mereka menggunting gurita dalam potongan kecil-kecil dalam keadaan gurita masih hidup.

Setelah mereka memastikan gurita sudah dalam keadaan terpotong kecil-kecil, kuah mie disiram, dan tidak terlihat lagi gerakan dari tentakel gurita. Mereka mengaduk makanan dan memakannya dengan lahap.

Dalam video tersebut mereka mengatakan bahwa hidangan tersebut lezat. Namun kamu juga perlu ingat, bahwa ada risiko lain (selain tersedak) ketika kamu makan makanan dalam keadaan mentah.

Sannakji. (YouTube)
Sannakji. (YouTube)

Jadi, sebagai saran jika kamu ingin tetap mencoba makan sannakji pastikan dipotong-potong terlebih dahulu dan kunyah dengan benar ya! Jika masih ragu, sebaiknya tanyakan pada pakar mengenai pengaruhnya pada kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini