Info

Benarkah Penderita Diabetes Dilarang Mengonsumsi Semangka?

Ini faktanya.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Penderita diabetes dan semangka. (Medium)
Penderita diabetes dan semangka. (Medium)

Himedik.com - Pertanyaan soal penderita diabetes boleh mengonsumi semangka atau tidak mungkin masih ada di dalam pikiranmu.

Selain memiliki banyak kandungan air, buah ini juga terkenal dengan tingkat rasa manis yang tinggi, sehingga menimbulkan banyak tanda tanya soal hubungannya dengan diabetes.

Lalu, apakah seorang penderita diabetes boleh mengonsumsi buah semangka?

Melansir dari livestrong, semangka mengandung nilai gizi dan merupakan sumber likopen yang sangat baik. Kandungan likopen ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Nutrisi dari buah ini terbukti bermanfaat dalam membantu diabetes dan memperbaiki tekanan darah.

Penderita diabetes dan semangka. (youtube.com)
Penderita diabetes dan semangka. (youtube.com)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension pada Januari 2011 menunjukkan ekstrak semangka mengurangi tekanan darah pada orang dengan prehipertensi.

Sebuah studi lain dalam terbitan Food Science and Technology bulan Februari 2011 menunjukkan tikus yang diberi ekstrak dari kulit semangka memiliki kadar gula darah yang rendah setelah diabetes diinduksi.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Life Sciences di bulan Juli 2008 menjelaskan pengobatan jangka panjang dengan likopen mengurangi penurunan kognitif diabetes pada tikus.

Hasil studi ini ingin menjelaskan kandungan tanaman semangka mungkin bermanfaat, namun percobaan pada manusia dalam skala lebih besar diperlukan untuk mengklarifikasi nilai buah ini dalam pengelolaan diabetes.

Beberapa ahli mengatakan buah ini bisa dikonsumsi penderita diabetes, namun ada juga yang mengatakan bahwa masih harus dilakukan penelitian.

Oleh karena itu, bila kamu pergi ke dokter atau ke ahli diet, kamu bisa bertanya tentang target karbohidratmu.

Berita Terkait

Berita Terkini