Info

Kisah Delaney Unger, Gadis 12 Tahun Pengidap Kanker Tulang

Ia mengidap Osteosarcoma, salah satu jenis kanker tulang.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Delaney Unger, penderita osteosarcoma. (GreaterPortJeff)
Delaney Unger, penderita osteosarcoma. (GreaterPortJeff)

Himedik.com - Sejak usia tiga tahun, Delaney Unger sangat akrab dengan menari, bahkan ia bermimpi suatu hari nanti ia akan mejadi penari profesional.

Namun, kenyataan berkata lain. Gadis berusia 12 tahun itu didiagnosis mengalami Osteosarcoma di tulang paha kirinya pada bulan Desember 2016.

Ia diberitahu bahwa sebagian kakinya perlu diamputasi untuk mencegah penyebaran kanker.

Operasi ini akan melepaskan bagian yang terkena kanker di kakinya kemudian memutarnya 180 derajat. Ini membuat pergelangan kakinya berfungsi sebagai lutut.

Hampir satu setengah tahun setelah dioperasi dan menjalani rehabilitasi substansial, Delaney sekarang bisa berjalan, melompat, dan bahkan menari lagi.

Dilansir dari Dailymail, keluarganya menceritakan bagaimana kisah awal ketika tahu Delaney didiagnosis penyakit tersebut.

Saat itu, sang keluarga mengisahkan, di bulan November 2016 Delaney mulai merasakan sakit di lutut kirinya.

Delaney Unger (kedua dari kanan). (Newsday)
Delaney Unger (kedua dari kanan). (Newsday)

''Karena sering menangis, ayah sering mengompres dengan es. Saya juga berpikir bahwa itu cuma otot tegang biasa'', ungkap Delaney.

Delaney mengatakan perawatan ini berhasil pada awalnya, tetapi kemudian rasa sakit semakin parah yang membuatnya mulai berjalan tertatih-tatih.

Hingga akhirnya Dokter mengatakan bahwa Delaney mengalami osteosarcoma di bulan Desember.

Lalu apa sebenarnya osteosarcoma itu?

Osteosarcoma adalah jenis kanker tulang yang paling umum. Ini terjadi ketika sel-sel yang menumbuhkan tulang baru membentuk tumor kanker.

Kebanyakan tumor berkembang di sekitar lutut baik di bagian bawah tulang paha seperti yang dialami Delaney, atau bagian atas tulang kering.

Jika kanker belum menyebar, tingkat kelangsungan hidup jangka panjang adalah antara 70 dan 75 persen.

Namun jika osteosarcoma telah menyebar ke paru-paru atau tulang lain saat didiagnosis, tingkat kelangsungan hidup jangka panjang adalah sekitar 30 persen.

Gejalanya meliputi nyeri tulang saat mengangkat beban atau istirahat, patah tulang, bengkak, batasan gerak pada sendi dan kemerahan.

Ada beberapa pilihan pengobatan untuk osteosarcoma, antara lain:

Kemoterapi

Sering diberikan sebelum operasi. Kemoterapi menggunakan obat yang membantu mengecilkan dan membunuh sel kanker. Lama pengobatan bervariasi dan mungkin tergantung pada apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Operasi

Dalam kebanyakan kasus, ahli bedah dapat menyelamatkan anggota badan yang terkena kanker. Tumor dan tulang di sekitarnya diangkat dan diganti dengan tulang buatan.

Rotationplasty

Merupakan prosedur pembedahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan sel kanker. Bagian bawah tulang paha, lutut dan tibia atas dibedah.

Kaki bawah kemudian diputar 180 derajat dan dilekatkan pada tulang paha. Pembedahan dirancang untuk memastikan suplai darah ke kaki bagian bawah tetap dalam keadaan baik.

Setelah semuanya disatukan kembali, semua otot di paha harus dipasang kembali.

Sekarang, gadis kecil itu bisa kembali menari, mengembangkan hobinya kembali.

Berita Terkait

Berita Terkini