Info

Mau Rahim Kamu Sehat? Yuk, Konsumsi Ketiga Nutrisi Berikut

Vitamin D mampu meningkatkan kesuburan wanita, pelepasan progesteron, serta proses produksi.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi minum susu. (iStock)
Ilustrasi minum susu. (iStock)

Himedik.com - Sudah seharusnya setiap wanita memerhatikan kondisi kesehatan rahimnya. Jika tidak, bukan tidak mungkin rahim mengalami gangguan kesehatan sehingga mengakibatkan siklus haid menjadi terganggu.

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rahim tetap sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Apa sajakah itu?

1. Omega-3
Asam lemak omega-3 akan melindungi rahim dan indung telur dari kerusakan yang sifatnya oksidatif. Untuk bisa rasakan manfaatnya kamu hanya perlu makan ikan makarel, ikan salmon, dan kacang kedelai.

Salmon. (nutritiouslife)
Salmon. (nutritiouslife)

2. Asam folat
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, asam folat merupakan vitamin B9 yang larut dalam air dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Karena tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, maka kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi ini dari sayur bayam, kuning telur, asparagus, kacang koro, dan hati ayam.

Asparagus. (Simply Recipes)
Asparagus. (Simply Recipes)

Sebenarnya masih banyak makanan lain dengan kandungan asam folat. Namun beberapa yang disebutkan adalah makanan dengan kadar asam folat paling tinggi sehingga sangat direkomendasikan.

3. Vitamin D
Tak hanya untuk tulang, vitamin D juga mampu meningkatkan kesuburan wanita, pelepasan progesteron, serta proses produksi.

Selain itu, vitamin D juga mampu membantu menyeimbangkan kadar AMH pada wanita yang terkena sindrom ovarium polikistik. Jadi, kamu harus rajin-rajin minum susu ya.

Supaya rahim selalu terjaga kesehatannya, rutinlah mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi di atas. Imbangi juga dengan gaya hidup sehat, supaya hasil yang didapat bisa maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini