Info

Tiga Makanan yang Bisa Bikin Gigi Makin Sehat

Mengunyah permen karet, akan meningkatkan sekresi air liur dan bisa membersihkan bakteri yang ada di gigi dan mulut.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi gigi sehat. (iStock)
Ilustrasi gigi sehat. (iStock)

Himedik.com - Menyikat gigi saja sebenarnya tidak cukup untuk melindungi gigimu dari kerusakan. Contohnya seperti karang gigi yang tidak bisa kamu bersihkan sendiri di rumah.

Diperlukan bantuan medis untuk membersihkannya, sehingga kamu harus rutin pergi ke dokter gigi. Tapi selain itu mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi, lho.

Melansir dari livescience, berdasarkan pendapat Christine D. Wu, seorang Pediatric Dentristy Researcher dari University of Illinois beberapa jenis makanan berikut bisa meningkatkan kesehatan gigi.

1. Susu
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The American Dental Association, bahwa minum segelas susu nyatanya lebih efektif menurunkan tingkat asam dalam mulut dibandingkan dengan minum segelas jus apel atau air putih.

Hal ini karena susu mampu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab plak pada gigi. Tapi jangan pilih yang manis ya, karena gula berlebih bisa merusak gigi.

2. Keju
Hampir sama dengan susu, keju terbukti mampu mengembalikan tingkat keasaman di mulut. Hanya saja, ternyata keju bisa mengembalikan lebih cepat dibandingkan susu.

Keju. (ThinkstockPhotos)
Keju. (ThinkstockPhotos)

Hal ini diperkuat dengan adanya jurnal General Dentistry yang melaporkan bahwa anak-anak berusia 12-15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar, kadar asam di mulutnya lebih rendah dibandingkan anak yang tidak mengonsumsinya.

3. Permen karet
Mengunyah permen karet, akan meningkatkan sekresi air liur dan bisa membersihkan bakteri yang ada di gigi dan mulut. Tapi ingat, pilih permen karet yang rendah gula atau tanpa gula sama sekali ya.

Tiga makanan di atas tentunya mudah dan suka kamu konsumsi bukan? Jadi, tidak ada alasan untuk malas menjaga kesehatan gigi kamu lho!

Berita Terkait

Berita Terkini