Info

Hindari Mengawali Hari dengan Minum Kopi!

Minum kopi pada pagi hari dapat mengganggu otak dalam memproduksi kortisol.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi minum kopi (ahchealthenews)
Ilustrasi minum kopi (ahchealthenews)

Himedik.com - Sebagian orang terbiasa minum secangkir kopi di pagi hari sebagai pendamping sarapan. Bahkan tak jarang juga mereka yang hanya menyeruput secangkir kopi untuk memulai harinya tanpa menyantap makanan lain.

Namun ternyata kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan apalagi jika minum kopi dalam keadaan perut kosong.

Menurut Steven L. Miller, ilmuwan saraf, kopi atau minuman berkafein lainnya sebaiknya diminum jam 10 pagi atau pukul 2 hingga 5 sore.

Ilustrasi minum kopi (wellnesskeen)
Ilustrasi minum kopi (wellnesskeen)

Minum kopi di pagi hari atau dibawah pukul 10 pagi berisiko mengganggu siklus otak dalam memproduksi kortisol sebagai respon atas stres dan level gula rendah dalam tubuh yang membantu tubuh selalu siap dan waspada memulai aktivitas di pagi hari.

Akibatnya tubuh lebih bergantung pada kafein dalam kopi untuk merespon stres sehingga otak lebih sedikit dalam memproduksi kortisol.

Kondisi ini berisiko menurunkan tingkat toleransi tubuh pada kafein. Selain itu dosis yang terus meningkat perlahan menyebabkan ketergantungan pada kopi.

Selain itu, minum kopi saat perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti, asam lambung naik dan mudah stres serta cemas.

Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi di pagi hari apalagi saat perut kosong. Jika tetap ingin mengonsumsi kopi di pagi hari, kamu bisa menyantapnya pada pukul 10 dan disertai sarapan seperti roti, nasi, ataupun telur.

Berita Terkait

Berita Terkini