Info

Enam Minuman Sehat Pengganti Kopi

Asupan kafein tiap harinya tidak boleh lebih dari 400 mg atau setara empat cangkir per hari.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi minuman pengganti kopi. (thriveandheal.com)
Ilustrasi minuman pengganti kopi. (thriveandheal.com)

Himedik.com - Selain nikmat, kopi juga dipercaya dapat memberi energi baru dan menjauhkan rasa kantuk bagi para peminumnya. Selain itu, kopi dapat membantu terhindar dari neurodegeneratif, seperti penyakit alzheimer dan parkinson. 

Namun, mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bahkan, bisa menyebabkan kemandulan, serangan jantung, gangguan pencernaan, hingga sakit kepala.

Asupan kafein tiap harinya tidak boleh lebih dari 400 mg atau setara empat cangkir per hari. Jika mengonsumsi lebih dari itu bisa menyebabkan overdosis kafein, sehingga berisiko pada kematian. 

Dirangkum dari Boldsky, berikut beberapa minuman yang dapat mengganti kopi.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan, klorofil, dan serat. Ini membantu dalam mencegah penyakit jantung dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2. Teh ini juga mampu membantu memerangi kanker.

Dalam kandungan teh hijau terdapat kafein yang dapat meningkatkan energi untuk membuat rasa kantuk pergi. Minuman ini bisa menjadi salah satu alternatif baik sebagai pengganti kopi.

2. Kopi akar dandelion

Kopi akar dandelion. (wikiwand.com)
Kopi akar dandelion. (wikiwand.com)

Jika menyukai rasa kopi dan mencari pilihan sehat yang mengandung lebih sedikit kandungan kafein. Kopi akar dandelion atau akar randa tapak adalah minuman terbaik yang perlu dicoba.

Minuman ini mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, C, dan D, zat besi, kalsium, dan magnesium yang membuatnya menjadi minuman yang lebih bergizi daripada kopi. Kalsium dan magnesium hadir dalam kopi akar dandelion yang diperlukan dalam produksi energi.

3. Teh kunyit

Minuman ini dikonsumsi banyak orang karena kaya akan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Minuman berwarna keemasan ini memiliki rasa yang kuat.

Teh kunyit mengandung bahan aktif di dalamnya yang disebut dengan kurkumin dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Hal ini membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan gejala radang sendi, mencegah kanker, dan alzheimer.

Orang yang mengalami kerusakan hati dan mengidap batu empedu dianjurkan untuk memasukan minuman ini ke dalam makanan mereka.

4. Masala chai

Teh susu khas India atau populer disebut milk tea ini mengandung jumlah kafein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi.

Selain itu, minuman ini juga mengandung berbagai rempah India seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, dan jahe, sehingga memberikan antioksidan dan meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

5. Maca hangat

Tanaman maca. (iStock)
Tanaman maca. (iStock)

Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap layaknya seperti makanan. Maca atau tanaman rimpang mirip bengkoang ini sering digunakan dalam membuat latte dan smoothie.

Kandungan dalam maca dapat memberikan energi dan juga membantu dalam mengelola hormon. Ini merupakan alternatif yang sehat untuk beralih dari minuman kopi. Minuman ini mengandung nutrisi seperti protein dan dianggap layaknya seperti makanan.

Maca seringkali digunakan dalam membuat latte dan smoothie. Kandungan dalam maca dapat memberikan energi dan juga membantu dalam mengelola hormon.

6. Cokelat hangat

Kandungan serta kehangatan yang terdapat dalam minuman ini mampu meningkatkan energi dan sangat bagus untuk memulai harimu.

Cokelat hangat mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide, membantu dalam menjaga kesehatan mental kamu dan memicu rasa bahagia dalam diri.

Cokelat merupakan produk olahan yang dihasilkan dari biji tumbuhan, yakni kakao. Kakao juga merupakan sumber magnesium yang membuatmu tetap aktif.

Berita Terkait

Berita Terkini