Info

Peran Kantor pada Kesehatan Karyawannya

Rekan kerja, posisi meja, dan bentuk gedung menjadi faktor yang dapat mengganggu kesehatan.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi ruang kantor (officeartdesign)
Ilustrasi ruang kantor (officeartdesign)

Himedik.com - Bagi pekerja kantoran, kantor adalah rumah kedua karena hampir seharian akan menghabiskan waktu di sana.

Banyak orang beranggapan kantor merupakan tempat yang nyaman untuk bekerja dengan dilengkapi berbagai sarana dan prasarana untuk menunjang pekerjaan karyawan.

Pada kenyataannya, kantor tidak seindah yang kebanyakan orang bayangkan. Seperti tempat-tempat pada umumnya, kantor juga memiliki beragam faktor yang dapat mengganggu kesehatan.

1. Bentuk ruang kantor

Bentuk ruang kantor yang terhalang oleh sekat atau ada batasan antar karyawan adalah bentuk yang bagus karena dapat menjaga privasi karyawan dalam bekerja dan cenderung tidak membuat stres.

Namun sebaliknya, jika tidak ada batasan sama sekali antara meja satu karyawan dengan karyawan lain akan memicu stres.

Hal ini disebabkan aktivitas yang dilakukan oleh karyawan lain seperti handphone berdering atau menimbulkan kebisingan sendiri akan membuyarkan konsentrasi saat bekerja.

2. Gedung kantor

Kantor yang bersih dan megah tidak menjamin kualitas udara yang bagus. Ruangan kantor terbuka tanpa sekat dengan karyawan lain justru mempermudah penyebaran kuman penyakit antara karyawan satu dan lainnya.

Penelitian dari Scandinavian Journal of Work, Environment, and Health membuktikan bahwa karyawan yang bekerja di ruangan kantor tanpa sekat punya 62 hari izin sakit yang lebih banyak daripada karyawan yang bekerja dalam ruangan tertutup.

3. Rekan kerja

Setiap hari kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama rekan kerja di kantor. Jika rekan kerja tidak bisa diajak bekerja sama dan bersifat menjengkelkan, lama kelamaan akan membuat kamu mengalami gejala insomnia, kelelahan, dan kesehatan mental lainnya memburuk.

4. Kebiasaan di kantor

Selama bekerja di kantor, akan cenderung duduk lebih lama di depan komputer dan tidak banyak melakukan pergerakan fisik. Hal ini akan menurunkan kesehatan tubuh dan mata. Sebaiknya, di sela-sela pekerjaan, cobalah untuk berjalan keluar kantor, mencari angin atau makan siang.

Jika kamu di dalam situasi seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa mengatasinya dengan mendengarkan lagu menggunakan headset untuk meminimalisir gangguan yang ditimbulkan oleh rekan kerjamu.

Atau juga bisa sekedar berjalan untuk mengobrol dengan rekan kerja lain yang duduk lebih jauh dengan kamu agar tidak duduk terus sepanjang bekerja.

Ke luar kantor untuk makan siang lebih baik supaya menghirup udara segar dan melepas penat selama bekerja.

Selain itu, jika karyawan sebelah mejamu sedang flu, kamu bisa gunakan masker agar tidak tertular.

Berita Terkait

Berita Terkini