Info

Batasi Konsumsi Lima Makanan Ini Agar Kulit Bebas Jerawat

Kulit bersih bebas jerawat adalah impian semua orang.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Makanan penyebab jerawat. (skinconcept.com.mx)
Makanan penyebab jerawat. (skinconcept.com.mx)

Himedik.com - Jerawat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya genetik dan apa yang kamu konsumsi.

Makanan yang setiap hari kamu makan punya efek besar terhadap kulitmu. Oleh karena itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang harus kamu batasi bahkan hindari agar kulit bebas jerawat.

Beberapa makanan penyebab jerawat, antara lain sebagai berikut.

1. Gula dan biji-bijian olahan

Studi menunjukkan mereka yang lebih banyak mengonsumsi gula serta biji-bijian olahan cenderung lebih banyak jerawat daripada mereka yang sedikit atau bahkan tidak mengonsumsi dua jenis makanan tersebut.

Itu karena karbohidrat olahan seperti gula dan biji-bijian dapat memengaruhi gula darah dan insulin, yang dapat menyebabkan kelebihan minyak dan jerawat.

Jika kamu khawatir tentang makanan yang menyebabkan jerawat, sebaiknya hindari sereal manis, kerupuk, roti, soda, dan pemanis seperti madu, sirup maple dan gula tebu.

2. Minyak jagung dan minyak kedelai

Minyak jagung dan minyak kedelai harus dikonsumsi dengan hati-hati - terutama jika kamu sudah berjerawat. Baik minyak jagung dan kedelai mengandung asam lemak omega-6, yang telah dikaitkan dengan peradangan dan, akhirnya, jerawat.

Alih-alih menggunakan minyak ini, cobalah menggunakan minyak sehat dan makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti minyak zaitun, salmon, dan kacang.

Makanan penyebab jerawat. (The Agenda Online Newspaper)
Makanan penyebab jerawat. (The Agenda Online Newspaper)

3. Keju dan produk susu lainnya

Produk-produk susu sangat erat kaitannya dengan jerawat. Keju, yogurt dan susu semuanya terkait dengan jerawat. Hormon yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan kelenjar minyak terus diproduksi yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji harus dihindari karena banyak alasan termasuk kolesterol tinggi, risiko penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Ternyata, bahan makanan cepat saji umum seperti karbohidrat olahan, lemak jenuh dan gula semuanya terkait dengan produksi jerawat.

5. Kentang goreng

Kentang goreng mengandung karbohidrat. Olahan kentang yang memakai minyak bekas juga bisa menyebabkan jerawat.

Hindari dari sekarang ya beberapa makanan di atas dan jangan lupa olahraga juga ya.

Berita Terkait

Berita Terkini