Info

Tips Hentikan Asma dengan Cepat Jika Tak Ada Inhaler

Simak langkah-langkahnya di sini.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Asma. (Verywell Health)
Asma. (Verywell Health)

Himedik.com - Asma terjadi ketika seseorang kesulitan bernafas akibat kondisi saluran udara yang menyempit, bengkak serta menghasilkan lendir.

Untuk meredakan asma, inhaler menjadi salah satu bantuan tercepat jika seseorang mengalami penyakit ini.

Jika kamu rentan terhadap masalah asma dan tergantung pada penggunaan inhaler, maka sebenarnya ini tantangan buatmu jika dalam suatu saat kamu tidak memiliki alat bantu ini.

Namun, HiMedik sudah menemukan beberapa cara untuk membantumu jika tidak memiliki inhaler, dilansir dari boldsky.

1. Duduk tegak

Saat kamu menghadapi serangan asma, segera hentikan apa pun yang kamu lakukan dan segera beralih ke posisi duduk tegak. Jangan membungkuk atau berbaring karena ini bisa membuat napas lebih sulit.

2. Ambil nafas dalam-dalam panjang

Cara terbaik untuk menghadapi masalah asma adalah dengan mengambil nafas panjang dan dalam. Kamu juga dapat menikmati teknik pernapasan yang terinspirasi dari yoga.

Selama serangan asma, seseorang merasa sulit bernapas. Di sinilah latihan pernapasan dapat membantumu fokus pada pernapasan yang lambat dan dalam sampai ke perut.

Berfokuslah untuk bernapas melalui hidung dan hembuskan melalui mulut.

Asma. (Best Health Magazine Canada)
Asma. (Best Health Magazine Canada)

3. Cobalah untuk rileks dan tetap tenang

Kecemasan dan kepanikan bisa membuat napas lebih sulit. Oleh karena itu, kamu harus tetap tenang dan mencoba teknik seperti latihan pernapasan dan cobalah untuk menghirup uap.

Cobalah untuk tetap tenang sehingga bisa mencegah otot dada menjadi kencang. Ini juga membuat bernapas menjadi lebih mudah.

4. Bergerak menjauh dari penyebab/pemicu asma

Mengontrol paparan terhadap pemicu dapat sangat membantu. Hindari pemicu alergi jika kamu memiliki kondisi pernapasan kronis.

Debu, bau bahan kimia dan asap rokok biasanya menjadi pemicu utama. Pindah ke tempat dengan udara bersih.

5. Menghirup uap

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif. Menghirup udara yang kaya kelembaban dan hangat dapat menenangkan dan membersihkan sinus yang akhirnya membuka saluran udara.

Kamu dapat menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar dan kemudian hirup uapnya. Untuk kelembapan ekstra, letakkan handuk di atas kepala.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes mentol ke air untuk membuat uap lebih tajam. Ambil napas dalam-dalam untuk membuat uap bekerja lebih baik.

6. Mengonsumsi minuman panas

Minuman panas dapat mengendurkan saluran udara. Untuk memperbaiki gejala, tambahkan madu (sekitar satu sendok teh) ke minuman panas.

Madu adalah anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kamu dapat mencoba teh peppermint atau mentol.

7. Panggil keadaan darurat jika kondisinya memburuk

Ketika asma disertai dengan nyeri dada segera cari bantuan medis secepatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini