Info

Picu Dehidrasi, Sebaiknya Hindari Minuman Berikut

Kalau haus memang paling pas minum soft drink, tapi ternyata soft drink malah bikin tubuh makin kekurangan cairan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi dehidrasi. (shutterstock)
Ilustrasi dehidrasi. (shutterstock)

Himedik.com - Terik matahari tak jarang membuat semua orang mudah dehidrasi. Minum air putih adalah solusi terbaik untuk meredakan dahaga.

Sayangnya banyak orang lebih memilih meredakan dehidrasi salah satunya dengan minum minuman bersoda dan tinggi gula. Padahal jenis minuman tersebut bukan meredakan, malah memicu terjadinya dehidrasi lho.

Berikut daftar minuman apa saja yang picu dehidrasi beserta penjelasannya.

1. Minuman mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh memiliki sifat diuretik, artinya bisa meningkatkan laju pembuangan air dari tubuh melalui pembentukan urin.

Normalnya jumlah asupan kafein per hari hanya dianjurkan sebanyak 200-300 mg. Jadi kamu perlu berhati-hati dalam memilih minuman pereda dahaga.

Pasalnya sekarang sudah banyak franchise minuman kopi dan teh yang diminati berbagai kalangan. Niat awal ingin melepas dahaga dengan minum es teh/kopi, yang ada kamu malah kebelet pipis terus. Makin haus dong!

Ilustrasi es kopi. (eatandtreats)
Ilustrasi es kopi. (eatandtreats)

2. Minuman beralkohol

Sama halnya seperti minuman yang mengandung kafein, alkohol juga memiliki sifat diuretik. Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit serta mengganggu kinerja tubuh dalam menyerap cairan.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, batasan jumlah konsumsi per hari untuk wanita hanya satu minuman sedangkan pria dua minuman.

Ilustrasi minuman beralkohol. (iStock)
Ilustrasi minuman beralkohol. (iStock)

3. Minuman tinggi gula

Soft drink biasanya paling banyak dipilih orang untuk meredakan dahaga. Tidak heran, sebab melihat beragam soft drink dingin di kulkas swalayan memang membuat siapapun menelan ludah.

Padahal tingginya gula dalam soft drink akan membuatmu makin haus lho. Ini karena gula bersifat menarik cairan dari jaringan tubuh.

Ilustrasi soft drink. (dailyhealthpost)
Ilustrasi soft drink. (dailyhealthpost)

Dehidrasi yang kamu rasakan akibat dari tubuh kekurangan cairan. Untuk mengembalikan cairan yang hilang, sebaiknya kamu minum air putih, cairan elektrolit, atau buah yang mengandung banyak air.

Bukan minum minuman di atas yang malah tidak mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Berita Terkait

Berita Terkini