Info

Pacaran Membuat Kamu Menjadi Pribadi yang Lebih Baik lho

Dengan memahami diri sendiri dan pasangan, hubunganmu akan bertahan dan berjalan baik.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi pacaran (vixendaily)
Ilustrasi pacaran (vixendaily)

Himedik.com - Pacaran merupakan suatu hal yang terjadi karena ada komitmen dengan seseorang. Saat sudah berkomitmen dengan seseorang, kamu harus bisa menjaga hubungan tersebut.

Bagi sebagian orang, pacaran memberikan banyak keuntungan. Namun, beberapa orang menganggap pacaran adalah hal negatif.

Salah satu keuntungannya yaitu, yang tadinya kamu adalah orang yang apa adanya, setelah pacaran kamu menjadi lebih memperhatikan penampilan.

Tak hanya itu, inilah keuntungan lain yang akan kamu dapatkan dari pacaran.

1. Belajar melihat kekurangan diri

Saat pacaran, kamu akan bersama orang yang memiliki kepribadian berbeda dengan kamu. Mungkin selama ini kamu melihat dirimu adalah seseorang yang sempurna dan tidak sadar akan kekurangan diri.

Namun, ketika menjalin hubungan, kamu pasti akan menyadari kekurangan dan kelebihan diri sendiri.

2. Belajar menerima

Seiring berjalannya waktu, kamu akan menyadari sifat baik dan buruk pasanganmu. Disaat inilah kamu diuji, apakah akan mempertahankan hubungan dengan menerima sifat buruk pasanganmu atau menyudahinya.

Sifat seseorang sudah ada sejak lahir dan sulit untuk dihilangkan atau dirubah. Jika sifat buruknya masih dalam batas wajar, sebaiknya kamu menerima pasanganmu apa adanya.

3. Belajar mengenal diri sendiri dan orang lain

Dengan pacaran, kamu akan paham mana hal yang membuat nyaman dan mana yang tidak. Belajar mengenal pasanganmu dengan memahami pola interaksinya adalah hal yang penting.

Mau tidak mau, ketika pacaran kamu tidak boleh egois, kamu harus menemukan cara agar kepentingan kedua belah pihak terpenuhi tanpa menyakiti salah satunya.

4. Belajar menolak

Kamu harus belajar berani untuk mengatakan ''tidak'' pada pasanganmu jika dia mengajak atau menginginkan sesuatu darimu yang tidak sesuai dengan nilai kamu anut.

Dengan begitu, kamu akan belajar jika melakukan sebuah penolakan terhadap hal yang tidak baik dan tidak diinginkan memang wajar.

Jadi, apakah kamu sudah menjadi pribadi yang baik bagi dirimu sendiri maupun pasanganmu?

Berita Terkait

Berita Terkini