Info

5 Manfaat Teh Rooibos yang Lebih Sehat dari Teh Hijau dan Hitam

Salah satunya teh ini bebas kafein.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Teh Rooibos. (Naturalife)
Teh Rooibos. (Naturalife)

Himedik.com - Teh rooibos telah menjadi minuman yang dicintai di seluruh dunia. Teh ini merupakan alternatif jika kamu tak ingin mengonsumsi kopi karena bebas kafein.

Terlebih lagi, teh rooibos punya banyak manfaat kesehatan sehingga sangat baik jika dikonsumsi setiap hari.

Teh rooibos merupakan teh yang dibuat dari aspalathus linearis, biasanya tumbuh di pantai barat Afrika Selatan. Rooibos tradisional dibuat dengan memfermentasi daun, yang mengubahnya menjadi warna merah-coklat.

Rooibos hijau juga tersedia, yang tidak difermentasi. Ini cenderung lebih mahal dan memiliki rasa lebih nikmat daripada versi tradisional.

Selain itu, teh dengan varietas hijau juga mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh merah tradisional.

Beberapa manfaat teh rooibos telah dirangkum HiMedik dari laman healthline.

1. Memiliki manfaat lebih dari teh hitam dan teh hijau

Kafein adalah stimulan alami yang ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau. Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang umumnya aman.

Bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat untuk kinerja latihan, konsentrasi dan suasana hati.

Namun, konsumsi berlebihan telah dikaitkan dengan masalah jantung, peningkatan kecemasan, masalah tidur dan sakit kepala.

Karena itu, sebagian orang memilih untuk menghindari atau membatasi asupan kafein. Teh rooibos secara alami bebas kafein sehingga ini adalah alternatif yang sangat baik.

Bonus lain adalah ia memiliki kadar tannin yang rendah dibandingkan dengan teh hitam atau hijau biasa.

Tanin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam teh hijau dan hitam yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, seperti zat besi.

2. Tinggi antioksidan

Teh rooibos dapat membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas.

Dalam jangka panjang, efeknya dapat membantu mengurangi risiko penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Satu penelitian terhadap 15 orang menemukan bahwa tingkat antioksidan dalam darah meningkat 2,9% ketika peserta meminum rooibos dan 6,6% ketika mereka minum varietas hijau.

Teh/unsplash
Teh. (unsplash)

3. Memiliki manfaat bagi mereka yang berisiko jantung

Antioksidan yang ditemukan dalam teh telah dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat.

Minum teh rooibos mungkin memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah dengan menghambat angiotensin-converting enzyme (ACE).

Para peneliti menemukan bahwa meminum enam cangkir teh rooibos setiap hari selama enam minggu menghasilkan penurunan kolesterol low-density lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

4. Mengurangi risiko kanker

Penelitian menemukan antioksidan quercetin dan luteolin yang ditemukan dalam teh rooibos dapat membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.

Namun, jumlah quercetin dalam secangkir teh hanya dalam persentase kecil dari total antioksidan yang ada sehingga masih dibutuhkan riset lebih lanjut.

5. Memberi manfaat bagi penderita diabetes tipe 2

Teh rooibos adalah salah satu dari beberapa sumber alami antioksidan yang disebut aspalathin. Studi pada hewan menunjukkan aspalathin memiliki efek anti-diabetes.

Satu studi pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan aspalathin membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

Namun, tetap masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Berita Terkait

Berita Terkini