Info

Cara Efektif Mencerahkan Wajah Secara Alami

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C bisa membantu mencerahkan wajah.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi pria dengan wajah cerah. (variety)
Ilustrasi pria dengan wajah cerah. (variety)

Himedik.com - Memiliki wajah putih dan berseri merupakan idaman setiap orang. Hal ini membuat para wanita maupun pria tak segan merogoh kocek dalam-dalam demi mewujudkan imipiannya tersebut.

Padahal ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah. Tak hanya hemat, cara alami tentunya juga lebih sehat. Berikut langkahnya.

1. Perbaiki pola makan
Pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kulit cerah adalah memperbaiki pola makan. Kamu harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah, dan mengurangi konsumsi makanan olahan.

Selain itu, kamu juga perlu membatasi asupan karbohidrat, lemak, dan susu. Sebagai saran kamu bisa menambahkan asupan makanan yang mengandung vitamin C.

Ini penting karena vitamin C kaya akan antioksidan dan baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Jeruk/unsplash
Jeruk, sumber vitamin C. (unsplash)

Serta beta karoten yang mana berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Mempercepat regenerasi sel, serta menyembuhkan luka.

2. Perbaiki gaya hidup
Jika kamu suka merokok atau minum minuman beralkohol, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu. Pasalnya rokok menyebabkan aliran darah dalam pembentukan kolagen berkurang, sehingga bisa menyebabkan munculnya keriput di wajah.

Pastikan juga kamu mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Supaya kulit wajah tidak pucat dan mata tidak hitam/bengkak.

Tidur miring ke kanan (acmh)
Tidur cukup. (acmh)

3. Olahraga
Olahraga bisa membantu menutrisi kulit serta melancarkan sirkulasi darah. Dampaknya, aliran darah dalam pembentukan kolagen berjalan lancar sehingga munculnya keriput bisa dihindari.

Sebenarnya cara di atas cukup umum dijumpai. Namun, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Diperlukan tekad yang kuat untuk memulainya.

Berita Terkait

Berita Terkini