Info

Ketahui Penyebab Rambut Rontok

Sekitar 50 hingga 100 helai rambut akan rontok setiap harinya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi rambut rontok. (iStock)
Ilustrasi rambut rontok. (iStock)

Himedik.com - Keluhan rambut rontok biasanya lebih sering dialami oleh wanita. Meski demikian bukan berarti pria tidak mengalami keluhan serupa. Hanya saja mungkin kaum pria tidak menyadari karena rambut mereka sangat pendek.

Pada dasarnya, rambut akan mengalami pertambahan panjang sekitar 1-1,5 cm setiap bulannya. Sekitar 90% dari rambut akan terus tumbuh, dan sisanya dalam keadaan istirahat.

Lalu, setelah dua hingga tiga bulan rambut yang berada dalam keadaan istirahat tersebut akan rontok dan tumbuh rambut baru di tempat yang sama.

Perlu kamu tahu, kulit kepala rata-rata memiliki sekitar 100 ribu helai rambut. Sementara itu, sekitar 50-100 helai rambut akan rontok setiap harinya. Jadi, rambut rontok sebenarnya adalah hal yang normal terjadi.

Ilustrasi rambut rontok. (iStock)
Ilustrasi rambut rontok. (iStock)

 

Namun, jika kerontokan rambut di atas batas normal, hal tersebut bisa disebabkan oleh pengaruh penyakit tertentu atau keturunan. Selain itu faktor salah perawatan rambut serta defisiensi mineral juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Oleh sebab itu, untuk menghindari rambut kamu rontok, sebaiknya banyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan protein. Hindari kebiasaan yang bisa membuat keadaan rambut semakin parah. Seperti menggunakan pengering rambut dan keramas dengan air panas.

Hindari juga obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut. Serta rajin olahraga supaya peredaran darah berjalan lancar. Namun, jika rambut rontok tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada pakar di bidangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini