Info

Apa Saja Manfaat Bulu di Sekitar Kemaluan?

Kamu disarankan untuk tidak sembarangan dalam mencukurnya.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi mencukur bulu kemaluan. (shutterstock)
Ilustrasi mencukur bulu kemaluan. (shutterstock)

Himedik.com - Salah satu tanda kalau kamu sudah akil balig adalah tumbuhnya bulu di beberapa bagian tubuh, seperti di sekitar kemaluan. Khusus untuk pria, terutama yang punya hormon berlebih akan muncul kumis dan bulu tipis di bagian badan.

Sedangkan untuk wanita, akan tumbuh bulu kemaluan di sekitar Miss V. Bulu tersebut bukan sekedar hiasan, tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk tidak sembarangan dalam mencukurnya. Selain mudah memicu infeksi kalau salah pilih alat, juga berisiko pada kesehatan alat vital kamu. Makanya, yuk kenali apa saja sih manfaat bulu kemaluan itu.

1. Jaga suhu tetap normal

Seperti bulu yang tumbuh di bagian tubuh yang lain, bulu punya fungsi mengatur suhu tubuh. Bulu-bulu ini membuat area di sekitar alat kelamin kamu tetap hangat dan celana dalam tidak nempel langsung di kulit. Karena tertahan bulu ini, kulit juga tetap bisa bernafas.

2. Biar bakteri tidak mudah masuk

Seperti bulu hidung dan alis mata, bulu di sekitar kemaluan juga menahan bakteri agar tidak mudah masuk ke kemaluan. Jadi, orang yang punya bulu kemaluan biasanya lebih tahan terhadap bakteri, asal tetap menjaga kebersihan.

3. Kain tidak nempel di kulit

Karena ada bulu di kemaluan, kain celana jadi tidak nempel langsung ke kulit sehingga tidak terjadi gesekan antara kulit dan kain. Yang perlu kamu tahu, kulit di sekitar kemaluan lebih sensitif dan gampang iritasi kalau terkena gesekan.

Sekarang sudah tidak penasaran lagi kan kenapa ada bulu yang tumbuh di beberapa bagian tubuh kita dan apa saja manfaatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini