Info

Biji Buah Pepaya Ternyata Bisa Dimakan lho! Ini Manfaatnya

Tapi jangan berlebihan ya dalam mengonsumsinya.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)
Ilustrasi biji buah pepaya (enzymedica)

Himedik.com - Banyak orang menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan segar. Pepaya juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah-buah lainnya.

Tidak hanya daging buahnya saja lho. Ternyata biji buah pepaya juga bisa dimakan dan kaya akan manfaat. Sama seperti dagingnya, biji buah pepaya tentu aman untuk dikonsumsi.

Biji buah pepaya mengandung berbagai mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid. Keduanya merupakan senyawa fitokimia alami dalam tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Lalu, apa saja manfaat dari biji buah pepaya?

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Biji buah pepaya merupakan sumber serat yang baik. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsinya, kamu akan terhindar dari sembelit dan mudah buang air besar.

2. Melawan infeksi

Ilustrasi (wikihow)
Ilustrasi (wikihow)

Biji buah pepaya dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh jamur dan parasit tertentu. Selain itu, minum ekstrak biji pepaya kering bersama dengan madu juga efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus.

3. Melindungi fungsi ginjal

Hasil penelitian dari Journal Molecules menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatannya.

African Health Sciences melakukan uji coba pada tikus dengan memberikan ekstrak biji pepaya, hasilnya ginjal tikus tersebut terhindar dari kerusakan.

Walaupun bermanfaat, mengonsumsi biji buah pepaya tidak baik jika berlebihan. Tetap perhatikan porsinya ketika makan biji buah pepaya.

Berita Terkait

Berita Terkini