Info

Sering Lupa? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya

Salah satu penyebab sering lupa yaitu kekurangan asupan vitamin B12.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sering lupa. (iStock)
Ilustrasi sering lupa. (iStock)

Himedik.com - Lupa pasti pernah dialami siapa saja. Mulai dari hal kecil, besar, hingga hal penting sekalipun juga bisa terlupakan. Entah apa penyebabnya, yang jelas kondisi ini membuat orang yang mengalami menjadi geregetan.

Banyak orang mengatakan sering lupa merupakan kondisi seseorang yang sedang mengalami penuaan. Padahal faktanya tidak melulu demikian.

Lalu apakah penyebabnya?

Salah satu penyebab seseorang sering lupa yaitu kurangnya asupan nutrisi tertentu seperti vitamin B12. Pasalnya kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan ingatan melemah, mengalami depresi, kebingungan, hingga demensia.

Selain itu, faktor medis tertentu seperti infeksi otak, gangguan ginjal, penyumbatan pembuluh darah, dan cedera kepala juga bisa menyebabkan seseorang sering lupa.

Meski demikian jangan lantas berpikir bahwa kamu sedang mengalami gangguan penyakit serius. Pasalnya sering lupa juga dikaitkan dengan kondisi psikologis.

Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)
Sumber vitamin B12. (medicalnewstoday)

Contohnya seperti stres dan cemas yang mana dapat membuat kamu tidak bisa konsentrasi serta kesulitan menerima informasi. Akibatnya kamu akan menjadi sering lupa.

Begitu pula jika kurang tidur. Hal tersebut akan membuat kemampuan berkonsentrasi menurun, sehingga sering lupa pun tidak bisa terelakkan lagi.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu tingkatkan kualitas hidup dengan cara menjaga pola hidup dan makan yang sehat. Rutinlah berolahraga supaya peredaran darah lancar sehingga suplai oksigen ke otak juga lancar serta perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Dengan begitu, kejadian sering lupa bisa berkurang.

Berita Terkait

Berita Terkini