Info

Tak Hanya Mempercantik, Tanaman Hias dalam Rumah Juga Bikin Sehat

Memajang tanaman hias dalam rumah mampu mengihlangkan racun di udara hingga 87%.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tanaman hias dalam rumah. (janitv.be)
Ilustrasi tanaman hias dalam rumah. (janitv.be)

Himedik.com - Supaya semakin cantik dan nyaman ditempati, memang sebaiknya interior hunian ditata sedemikian rupa. Termasuk salah satunya menempatkan tanaman hias di sudut-sudut rumah.

Tapi tak hanya mempercantik, faktanya tanaman hias yang ditempatkan di sudut rumah juga bisa bikin makin sehat penghuninya. Tidak percaya?

Penelitian yang dilakukan oleh NASA menunjukkan fakta bahwa memajang tanaman hias dalam rumah mampu mengihlangkan racun di udara hingga 87% dalam waktu 24 jam. Artinya, setiap hari udara dalam rumah kamu akan dibersihkan dan berganti dengan udara yang lebih segar.

Tentu saja udara yang kamu hirup dalam rumah menjadi lebih berkualitas berkat tanaman-tanaman hias.

Ini penting untuk diketahui, karena udara dalam ruangan nyatanya lebih membahayakan. Dilansir dari healthline, polusi udara dalam ruangan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stroke hingga 34%.

Ilustrasi tanaman hias dalam rumah. (pinterest)
Ilustrasi tanaman hias dalam rumah. (pinterest)

Apalagi mengingat tidak sedikit orang yang menghabiskan sebanyak 80-90% waktunya di dalam ruangan. Maka sudah jelas, jika sirkulasi udara tidak baik kesehatan bisa menjadi taruhannya.

Sejalan dengan itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa terapi hortikultura bisa membantu perbaikan kesehatan secara signifikan seperti masalah demensia, depresi, dan skizofrenia. Tak hanya itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa tanaman hias dapat membantu memperbaiki konsentrasi hingga 15%. 

Nah, sebagai saran tanaman yang bisa kamu pilih untuk menghias sudut rumah di antaranya aglaonema, lidah mertua, ivy, golden lotus, gerbera, spider plant, dan flamingo lily. Bukan tanpa alasan, bahwasanya tanaman hias tersebut telah terbukti mampu membersihkan ruangan dari racun yang terdapat dalam udara.

Berita Terkait

Berita Terkini