Info

Tak Hanya Buat Orang Lain Senang, Ini Manfaat Lain dari Tersenyum

Menurut para ahli, ada beberapa manfaat ketika tersenyum.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi tersenyum. (pixabay)
Ilustrasi tersenyum. (pixabay)

Himedik.com - Seperti pepatah bijak mengatakan, senyum adalah sebagian dari ibadah. Tapi nyatanya memang benar, dengan melepas senyum ke orang lain secara tidak langsung kita membuat orang senang. 

Meski terlihat mudah, ternyata senyum juga memiliki alasan ilmiah. Menurut para ahli, ada beberapa manfaat ketika tersenyum. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya. 

1. Meningkatkan sistem imun

Menurut para ahli, tersenyum memberikan dampak yang baik bagi tubuh. Banyak tersenyum dapat meningkatan kesehatan, karena sistem imun di tubuh akan terus meningkat.

2. Tersenyum lebih mudah daripada cemberut

Para ahli menemukan fakta bahwa tersenyum lebih mudah daripada cemberut. Hal itu karena otot-otot wajah akan bekerja lebih keras saat cemberut dibandingkan saat tersenyum. Lagi pula cemberut akan membuat lebih cepat terlihat tua dan cepat keriput.

3. Senyum membuat mood lebih baik

Dalam psikologi menemukan fakta bahwa untuk mengatasi mood yang buruk, kamu dapat merubahnya menjadi lebih baik dengan banyak senyum.

Dengan hal itu, tubuh kamu kamu akan memproduksi hormon endorfin yang akan membuat kamu menjadi lebih baik dan mood yang buruk pun akan segera hilang.

4. Tersenyum ternyata menular

Menurut studi yang dilakukan peneliti asal Swedia, seseorang akan sulit untuk berekspresi sedih saat melihat orang yang di depannya sedang tersenyum. Hal ini membuktikan bahwa tersenyum memang benar menular.

5. Senyuman wanita terlihat lebih menarik

Studi yang dilakukan oleh Orbit Complete ditemukan bahwa 69 persen orang mengatakan bahwa wanita terlihat lebih menarik saat mereka tersenyum dibanding dengan make up yang dipakainya.

Jadi buat para wanita yang khawatir tidak sempat memakai make up karena terburu-buru cobalah untuk tersenyum agar terlihat lebih menarik.

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Menurut Penelitian, Ini 5 Alasan Kamu Harus Sering Tersenyum

Berita Terkait

Berita Terkini