Info

Manfaat Melakukan Scrub pada Bibir

Scrub pada bibir membuat bibir tampak lebih sehat dan lembut.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)
Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)

Himedik.com - Tak hanya wajah dan kulit, bibir juga memerlukan perawatan supaya tidak pecah-pecah dan terlihat cantik. Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pelembab bibir sebagai bentuk perawatan bibirnya.

Namun, ada baiknya kamu juga melakukan scrub bibir untuk mengoptimalkan perawatan. Apa sih pentingnya?

Biasanya, warna yang dihasilkan lipstik dapat memperjelas pecah-pecah pada bibir. Nah, kulit luar pada bibir merupakan hasil produksi ulang sel di bagian luar.

Selanjutnya sel tersebut akan muncul ke lapisan luar dan menghasilkan keratin. Keratin akan mengeras untuk melindungi bibir dari suhu dingin maupun panas.

Padahal kulit bibir yang tipis sangat rentan terhadap keduanya, sehingga paparannya bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

Di sinilah pentingnya melakukan scrub bibir. Fungsinya sama seperti melakukan scrub pada tubuh. Krim yang dioleskan pada bibir akan mengelupaskan lapisan luar bibir, sehingga kulit mati terangkat dan tergantikan dengan lapisan baru.

Bahan alami yang biasa digunakan untuk scrub bibir di antaranya gula, madu, atau campuran dari keduanya. Hal ini karena madu mengandung protein, vitamin, enzim, serta dikenal sebagai antijamur dan antibakteri.

Ilustrasi bahan scrub. (pixabay)
Ilustrasi bahan scrub. (pixabay)

Selain itu madu juga mengandung antioksidan dan merupakan zat alami yang dapat membantu melembabkan kulit lebih lama.

Kamu bisa melakukan scrub bibir sekali dalam seminggu, ketika malam hari. Untuk meminimalisir efek scrub seperti rasa perih, gunakan pelembab bibir setelahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini