Info

Infeksi Mata Meningkat akibat Kebersihan Lensa Kontak yang Buruk

Pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum menggunakan atau melepas lensa kontak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

Himedik.com - Para peneliti dari University College London (UCL) di Inggris telah mengamati peningkatan kasus infeksi mata yang langka tetapi dapat dicegah dalam beberapa tahun terakhir.

Infeksi yang dikenal sebagai Acanthamoeba Keratitis itu disebabkan oleh mikroorganisme bersel tunggal yang disebut Acanthamoeba.

Amuba ini ditemukan di berbagai lingkungan, termasuk di air dan tanah.

Penemuan yang telah diterbitkan dalam British Journal of Ophthalmology pada 19 September 2018 ini menekankan pentingnya kebersihan lensa kontak.

Mereka yang memakai lensa kontak berisiko lebih tinggi karena amuba dapat bertahan di ruang antara lensa dan mata.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sebanyak 85 persen kasus di Amerika Serikat berhubungan dengan pemakai lensa kontak.

Berdasarkan data dari Rumah Sakit Mata Moorfields, para peneliti mempelajari kasus-kasus yang tercatat selama tiga dekade, yakni dari 1985 hingga 2016.

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

Tren peningkatan diamati antara awal 2000-an (delapan hingga 10 kasus per tahun) dan dalam beberapa tahun terakhir (36 hingga 65 kasus per tahun).

Infeksi ini masih cukup langka, karena hanya memengaruhi 2,5 dari 100.000 pengguna lensa kontak per tahun di South East England.

''Peningkatan dalam kasus ini menyoroti kebutuhan pengguna lensa kontak untuk menyadari risikonya,'' kata John Dart, seorang profesor di UCL Institute of Ophthalmology.

Penyakit akibat infeksi ini dapat menyebabkan kebutaan permanen atau penglihatan yang buruk. Menurut sebuah studi di tahun 2015, gejala awal biasanya melibatkan nyeri hebat.

''Semakin cepat penyakit itu didiagnosis, maka semakin baik hasilnya," ungkap dia. ''Jika diagnosis ditunda, amuba sudah menembus jauh ke dalam stroma kornea,'' tambahnya.

Untuk itu, kamu harus lebih memerhatikan kebersihan lensa kontak sehingga dapat menghilangkan risiko infeksi secara signifikan.

''Mereka yang memakai lensa kontak harus memastikan benar-benar mencuci dan mengeringkan tangan sebelum memegang lensa kontak dan hindari memakainya saat berenang, mencuci muka atau mandi,'' tambah Dart.

Berita Terkait

Berita Terkini