Info

Wanita Memiliki Lemak Lebih Banyak Dibanding Pria, Mengapa?

Banyaknya lemak di dalam tubuh justru merupakan hal yang baik dan dibutuhkan wanita.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi wanita gemuk (unsplash)
Ilustrasi wanita gemuk (unsplash)

Himedik.com - Tak jarang wanita mengeluh tentang berat badannya yang mudah naik walau hanya makan sedikit saja. Jika diperhatikan, memang rata-rata wanita lebih mudah gemuk dibandingkan dengan pria.

Hal ini disebabkan karena komposisi lemak yang terkandung dalam tubuh wanita dan pria berbeda. Jumlah lemak dalam tubuh wanita 20%-25%, sedangkan jumlah lemak dalam tubuh pria 10%-15%.

Selain itu, pria memiliki hormon testoteron yang diatur untuk cepat melepaskan lemak. Sebaliknya wanita memiliki hormon estrogen dan progesteron yang membuat kandungan lemak lebih banyak dari pria.

Sebuah penelitian yang berasal dari University of Missouri menyatakan bahwa lemak yang ada di dalam tubuh wanita lebih susah dihilangkan. Untuk bisa mencapai kadar lemak seperti pria, wanita harus olahraga 20% lebih keras dari pria.

Tapi, jangan khawatir dan jangan iri jika memiliki lemak lebih banyak dibandingkan pria. Lemak dalam tubuh wanita memang dipersiapkan untuk digunakan suatu saat nanti.

Ilustrasi wanita di masa kehamilan (pixabay)
Ilustrasi wanita di masa kehamilan. (pixabay)

Banyaknya lemak yang dimiliki wanita dibutuhkan saat memasuki masa kehamilan, persalinan, dan menyusui. Masa-masa ini adalah masa yang paling melelahkan bagi seorang wanita.

Lemak dalam tubuh wanita akan berfungsi sebagai cadangan energi saat memasuki masa-masa kehamilan hingga menyusui.

Jadi, tidak selamanya gemuk atau kandungan lemak yang banyak dalam tubuh wanita merupakan hal buruk. Justru lemak adalah zat gizi yang sangat wanita butuhkan.

Berita Terkait

Berita Terkini