Info

4 Manfaat Konsumsi Jus Seledri

Seledri memiliki kandungan yang dapat meminimalisir munculnya penyakit kronis.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Krishnayanti C

Ilustrasi jus seledri (pixabay)
Ilustrasi jus seledri (pixabay)

Himedik.com - Apakah kamu penggemar jus? Jika selama ini kamu hanya mengonsumsi jus buah, pernahkah mencoba mengonsumsi jus sayuran, seperti seledri?

Tidak perlu khawatir dengan rasa atau aromanya yang aneh. Minum jus seledri dapat membantu menjaga kesehatan tubuh karena mengandung serat, asam folat, vitamin A, zat besi, flavonoid, dan antioksidan.

Seledri juga rendah kalori dan dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh. Tidak hanya itu, manfaat jus seledri lainnya masih banyak, antara lain : 

1. Menurunkan tekanan darah

Biji seledri memiliki sifat anti hipertensi serta mengandung senyawa fitokimia yang berfungsi untuk memperbaiki kerja dinding arteri yang mengendalikan tekanan darah, sehingga tekanan darah lebih terkontrol.

2. Meminimalisir stres oksidatif

Ilustrasi jus seledri (pixabay)
Ilustrasi jus seledri (pixabay)

Flavonoid dalam seledri dapat membantu meminimalisir efek stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit, seperti stroke, gangguan jantung, dan kanker.

3. Mengurangi efek samping kemoterapi

Penelitian membuktikan bahwa jus seledri yang dikonsumsi bersama obat kemoterapi doxorubicin, mampu mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas dari sel kanker.

4. Melawan peradangan dalam tubuh

Kandungan flavonoid pada seledri membantu tubuh lebih baik dalam menyerap vitamin C yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, membantu mencegah dan mengobati alergi, infeksi virus, dan kondisi peradangan tertentu.

Sesekali, cobalah untuk minum jus seledri atau konsumsi 2-3 kali dalam seminggu agar merasakan manfaatnya pada tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini