Info

Sering Tertawa Saat Melihat Orang Terjatuh, Ini Penjelasannya

Tidak semua peristiwa orang terjatuh dapat memicu tawa orang lain.

Rauhanda Riyantama

Tertawa. (unsplash)
Tertawa. (unsplash)

Himedik.com - Saat melihat orang terjatuh, biasanya menimbulkan refleks tertawa yang tak disadari. Bukan bermaksud untuk mengolok-olok, namun tertawa saat melihat orang terjauh merupakan respons dari selera humor.

Meskipun bersifat refleks, nyatanya tertawa saat melihat orang terjatuh ada penjelasan ilmihanya. Menurut psikiater dari Standford University, Dokter William Fry, mengungkapkan bahwa tidak semua peristiwa orang terjatuh dapat memicu tawa orang lain.  

Dalam konteks yang serius, seperti melihat seseorang terjatuh dari gedung tinggi dan tewas memang tidak menimbulkan tawa, justru kengerian. Namun, dalam konteks yang tidak serius, seperti melihat seseorang tersandung di jalan, tentu akan memicu tawa.

Hal ini tergantung pada bagaimana otak membingkai peristiwa tersebut dalam konteks. Orang yang tiba-tiba terjatuh, biasanya dikaitkan dengan keganjilan karena tidak sesuai dengan keadaan.

Tertawa saat melihat orang terjatuh bisa saja terjadi secara natural karena diatur oleh salah satu saraf di otak. Beberapa neurolog secara otomatis memancing tawa saat yang dibayangkan dalam otak tidak sesuai.  

Selain beberapa hal di atas, jarak psikologis juga menjadi salah satu faktor dalam munculnya tawa saat melihat orang terjatuh.

Dalam sebuah studi tahun 2010, seorang psikolog dari University of Colorado menjelaskan bahwa melihat seseorang menderita akan terasa lucu jika tidak adanya rasa empati.

Jika kita melihat orang yang tidak dikenal dan tidak dekat secara personal terjatuh, maka lebih mudah memicu tawa dan sama sekali tidak memicu empati.

Jadi seperti itu penjelasan ilmiah mengapa sering tertawa saat melihat orang terjatuh. Jadi jangan salah paham dulu ya. 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Tertawa Saat Melihat Orang Lain Jatuh, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Berita Terkait

Berita Terkini