Info

Mau Punya Kulit Glowing? Makan Lima Makanan Ini Secara Teratur

Karena kulit glowing adalah gambaran kulit sehat.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kulit glowing. (pixabay)
Kulit glowing. (pixabay)

Himedik.com - Semua orang pasti ingin memiliki kulit glowing. Selain menjadi tanda bahwa kulit kita sehat, kulit yang tampak bercahaya juga akan lebih enak untuk dilihat.

Banyak cara yang bisa bikin kulitmu tampak bercahaya, misalnya dengan rajin menggunakan bahan alami seperti aloe vera atau dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur.

HiMedik kali ini telah berhasil mengumpulkan beberapa makanan yang juga bisa membuat kulitmu tampak bercahaya, dilansir dari Livestrong.

1. Lemon

Kulit mengandung 30 persen air. Itulah mengapa air sangat penting dalam menjaga kekenyalan kulit. Ketika tubuh tidak memiliki cukup air, kulit akan tampak kering dan keriput.

Kali ini gunakan seluruh buah lemon, mulai dari kulit sampai biji. Menurut artikel tahun 2000 yang diterbitkan dalam Nutrisi dan Kanker, kulit lemon mengandung zat yang disebut limonene yang dapat membantu melindungi dari kanker kulit yang disebut karsinoma sel skuamosa.

Tingginya jumlah vitamin C dalam lemon dan kulitnya juga membantu membuat kulit tampak cerah dan bercahaya.

Jus jeruk. (pixabay)
Jus jeruk. (pixabay)

2. Salad wortel dan ketimun

Banyak kerusakan kulit disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti sinar UV. Sinar ultraviolet menyebabkan peradangan, kemerahan pada kulit dan kerutan.

Namun, wortel mengandung beta karoten yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV. Makan makanan tinggi beta karoten tidak dapat menggantikan tabir surya, tetapi ini dapat membantu kulit secara alami tampak bersinar.

3. Ayam bakar bumbu kunyit

Peradangan pada kulit dikaitkan dengan penuaan kulit. Sebuah artikel 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan itu mungkin menjadi penyebab utama penuaan kulit.

Menambahkan lebih banyak kunyit ke dalam asupan dapat membantu mengurangi peradangan ke seluruh tubuh, bahkan membantu melindunginya dari proses penuaan. Ayam bakar bumbu kunyit bisa menjadi alternatifmu untuk ini.

Tomat, wortel, mentimun. (pixabay)
Tomat, wortel, mentimun. (pixabay)

4. Tomat dengan Yoghurt

Secangkir tomat mengandung lebih dari sepertiga jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

Penelitian saat ini menunjukkan vitamin C berperan dalam membantu tubuh membuat kolagen, protein dalam kulit yang membuatnya terlihat sehat.

Sebuah artikel ulasan tahun 2017 yang diterbitkan di Nutrients menyatakan peningkatan asupan buah dan sayuran memiliki dampak positif pada kulit karena kandungan vitamin C dari produk tersebut. Gunakan tomat segar dan yoghurt untuk resep ringan dan sehat ini.

5. Cokelat dan kenari

Cokelat, terutama cokelat hitam, mengandung polifenol yang dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan matahari.

Menurut sebuah artikel 2016 yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences, mengungkapkan bahwa semakin gelap cokelat maka semakin banyak kandungan polifenol.

Sedangkan, kacang kenari juga menyediakan sumber asam lemak omega-3 yang penting dalam melindungi kulit dari penuaan akibat matahari.

Selain beberapa resep di atas, gunakan pelindung eksternal seperti tabir surya dan topi sebagai pertahanan terhadap sinar UV agar kulitmu tetap terlindungi.

Berita Terkait

Berita Terkini