Info

Tak Ingin Minum Obat, Berikut Tips Antimabuk Saat Perjalanan

Bicara soal transportasi darat, sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, yaitu mabuk atau muntah.

Rauhanda Riyantama

Tips antimabuk tanpa obat saat perjalanan darat. (unsplash)
Tips antimabuk tanpa obat saat perjalanan darat. (unsplash)

Himedik.com - Mendekati momen lebaran, mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Untuk menyemarakkannya, berbagai jenis moda transportasi dapat dipilih oleh masyarakat, salah satunya transportasi darat.

Bicara soal transportasi darat, sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, yaitu mabuk atau muntah. Untuk mengatasinya telah beredar berbagai macam obat antimabuk yang bisa dikonsumsi selama perjalanan.

Namun, bagi yang tidak ingin mengonsumsi obat terdapat solusi yang bisa dilakukan selama perjalanan. Dilansir dari Mobimoto, berikut ulasannya.    

1. Gadget jadi sumber masalah

Banyak yang menyangka bahwa dengan bermain gadget dapat mengalihkan kondisi mabuk saat dalam kendaraan. Namun, pernyataan ini tak sepenuhnya benar, justru bisa menjadi sumber masalah.

Karena saat dalam kendaraan, kondisi biologis otak dan tubuh mengalami dilema lantaran tubuh berpindah tempat tanpa proses biologis (seperti berjalan kaki).

Jika terus menggunakan gadget, dikhawatirkan otak akan mengalami stres dan memicu terjadinya false alarm. Dengan begitu otak akan merespons tubuh seolah-olah keracunan yang memicu rasa pusing dan mual, hingga berakibat mabuk.

2. Makan secukupnya

Makan secukupnya. (unsplash)
Makan secukupnya. (unsplash)

Saat hendak melakukan perjalanan jauh, usahakan perut tidak dibiarkan dalam kondisi kosong. Karena bisa memicu asam lambung sehingga menjadi faktor mabuk. 

Namun, juga tidak disarankan untuk makan dan minum berlebihan. Sebab kondisi lambung yang penuh juga bisa memicu rasa mual dan berujung pada mabuk.

Jadi solusi terbaik adalah dengan makan secukupnya. Yang terpenting tidak membiarkan perut kosong dan tidak kekenyangan.

3. Siapkan minyak angin

Meskin terlihat kuno, minyak angin terbukti ampuh mengusir rasa mual dan mabuk. Lantaran bau dari minyak angin atau minyak aroma terapi membantu tubuh untuk menetralisir kondisi mual atau pusing. Selain itu, juga bisa digunakan dengan cara diusapkan ke tubuh.

4. Menikmati perjalanan

Menikmati perjalanan. (unsplash)
Menikmati perjalanan. (unsplash)

Menikmati perjalanan banyak caranya, misalnya dengan mengabadikan momen lewat kamera smartphone dan mendengarkan musik favorit. 

Dengan begitu perjalanan akan terasa menyenangkan, meskipun suasana di luar sedang macet atau medannya kurang bersahabat. 

5. Berinteraksi dengan teman seperjalanan

Tanpa disadari, melakukan interaksi dengan teman seperjalanan dapat terhindar dari mabuk. Karena interaksi, seperti mengajak bicara dapat mengalihkan perhatian sehingga otak menjadi lebih rileks. 

Itulah beberapa tips antimabuk yang dapat dilakukan tanpa minum obat agar perjalanan menjadi lebih aman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait dimuat Mobimoto.com dengan judul: 5 Tips Anti Mabuk Darat Tanpa Obat

Berita Terkait

Berita Terkini