Info

Bisakah Tetap Hamil Saat Menggunakan Pil KB?

Kamu bisa saja tetap hamil saat mengonsumsi pil KB jika melakukan ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Pil KB. (pixabay)
Pil KB. (pixabay)

Himedik.com - Pil KB menjadi salah satu alat kontrasepsi yang paling umum digunakan. Pil ini dianggap 99% efektif jika kamu mengonsumsinya dengan benar.

Mengonsumsinya pun harus sesuai seperti yang telah ditentukan bahkan pada hari ketika kamu tidak berhubungan seks.

Dilansir dari Webmd, pil tidak langsung bekerja. Kamu harus meminumnya setidaknya beberapa hari sebelum pil bekerja, sehingga sangat penting untuk menggunakan kontrasepsi cadangan, seperti kondom.

Kamu harus mengonsumsi pil sesuai petunjuk, apa pun yang terjadi. Jika terlewat, ini bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

Tidak perlu khawatir jika kamu lupa mengonsumsi satu pil. Lanjutkan konsumsi pil KB saat kamu ingat dan mulailah untuk minum teratur.

Jika kamu mengonsumsi pil gabungan dan melewatkan dua pil hormon atau lebih, kamu harus menghubungi dokter.

Apa pun alasannya, kamu harus menggunakan metode pengendalian kelahiran seperti kondom karena peluang kamu untuk hamil jauh lebih tinggi setelah kamu melewatkan dua pil atau lebih.

Pil KB. (Mama Natural)
Pil KB. (Mama Natural)

Pil KB juga bisa menyebabkan kehamilan jika penyimpanannya tidak benar. Pil KB harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari kelembapan dan panas. Jangan simpan di kamar mandi. Pastikan untuk menyimpannya dalam kemasan aslinya sehingga terlindungi.

Beberapa obat juga dapat membuat pil KB kurang efektif. Antibiotik rifampisin (Rifadin IV) dapat menghentikan kerja pil.

Obat-obatan lain seperti penstabil mood, obat epilepsi dan obat-obatan HIV juga dapat membuat pil kurang efektif. Pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter.

Konsultasikan juga dengan dokter jika kamu baru memiliki bayi dan sedang menyusui namun ingin mengonsumsi pil KB. Dokter mungkin menyarankan agar kamu harus menunggu dalam jangka waktu tertentu sebelum mulai mengonsumsi pil.

Ingat, pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular lainnya jadi kamu harus tetap menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks, terutama dengan pasangan baru agar tetap aman.

Berita Terkait

Berita Terkini