Info

Mengerikan, Ternyata Swiss Punya Wisata Bunuh Diri

Bunuh diri berbantuan ini bisa dilakukan oleh nonmedis.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pemandangan Swiss. (pixabay)
Pemandangan Swiss. (pixabay)

Himedik.com - Di sisi lain, beberapa negara gencar melakukan tindakan pencegahan bunuh diri. Berbeda halnya di Swiss.

Negara kecil yang berada di kawasan Benua Eropa ini malah membantu orang yang ingin melakukan tindakan bunuh diri. Tindakan ini dikenal dengan sebutan bunuh diri berbantuan.

Dignitas namanya, sebuah organisasi yang berada di Zurich, Swiss, yang menawarkan bantuan pada orang yang ingin melakukan bunuh diri. Tidak sembarangan, orang yang ingin bunuh diri harus punya alasan kuat.

Sebelumnya, penyewa jasa harus membayar sejumlah uang supaya terdaftar menjadi anggota Dignitas. Jika sudah siap untuk mati, anggota harus mengirim salinan catatan medis dari dokter serta pernyataan atau surat yang menjelaskan mengapa penyakit yang diderita sudah tidak bisa ditoleransi lagi serta membayar biaya yang diperlukan.

Sebagai contoh kasus dalam hal bunuh diri berbantuan ini dialami oleh Craig Ewert yang saat memutuskan untuk meninggal bunuh diri berbantuan dalam usia 59 tahun.

Saat itu Craig menderita ALS (amyotrophic lateral sclerosis) dan biasanya penderita penyakit ini hanya bisa bertahan hidup dua hingga lima tahun. Sekadar informasi penyakit ALS menyebabkan sistem saraf dan sel-sel neuron di dalam otak serta sumsum tulang mati secara perlahan.

Ironisnya, penyakit Craig berkembang begitu cepat, kondisinya semakin memburuk, dan ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Craig mengakhiri hidupnya dengan menenggak minuman yang telah dicampur bahan mematikan. Kematiannya direkam untuk dijadikan bukti pada kepolisian bahwa ia meninggal secara sukarela. Begitulah kisah singkatnya.

Pada dasarnya, setiap orang memang berhak atas hidupnya. Mau diapakan dan berjalan seperti apa.

Di sisi lain kita juga patut bersyukur diberikan umur panjang atau bahkan pendek karena vonis sebuah penyakit.

Tapi, jika memang tindakan bunuh diri berbantuan menjadi pilihan seseorang untuk mengakhiri hidupnya, kita yang melihat juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Berita Terkait

Berita Terkini