Info

Hal yang Terjadi Menjelang Kematian

Menurut hasil penelitian, mereka yang pernah hampir mati mengalami kilas balik ingatan menjelang kematian.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kematian. (pixabay)
Ilustrasi kematian. (pixabay)

Himedik.com - Kematian merupakan rahasia Tuhan. Tidak ada yang tahu kapan, di mana, dan mengapa seseorang mati.

Namun beberapa orang pernah yang mengalami kejadian hampir mati atau bahkan mati suri, setidaknya dapat menjelaskan apa yang terjadi menjelang kematian.

Untuk mengetahuinya, tim peneliti dari Hadassah Hebrew University Medical Center, Israel mencoba mendalami fenomena hampir mati dan kilas balik ingatan menjelang kematian.

Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 271 orang yang pernah 'lolos' dari kematian dan mengalami mati suri, untuk diwawancarai. Hasilnya mengungkapkan bahwa sebagian besar dari mereka mengalami kilas balik ingatan yang aneh menjelang kematian.

Menurut partisipan, kilas balik ingatan menjelang kematian ini umumnya terjadi secara acak (tidak berurutan). Misalnya seperti kenangan dari masih kecil hingga akan mati.

Ilustrasi kilas balik ingatan. (pixabay)
Ilustrasi kilas balik ingatan. (pixabay)

Kilasan yang terlihat adalah kenangan selama hidup yang diputar kembali secara acak dan bahkan tercampur aduk secara bersamaan. Ada pula partisipan yang mengalami kilas balik kenangan tapi berdasarkan pandangan orang lain.

Bahkan penelitian ini menemukan fakta bahwa banyak kilas balik ingatan yang disaksikan oleh para partisipan ini terasa begitu emosional dan sangat nyata.

Menurut para peneliti, kilas balik ini terjadi karena bagian otak yang bertugas menyimpan ingatan yaitu korteks parietal, medial temporal, dan prefrontal, tidak rentan terhadap penyusutan asupan oksigen maupun kehilangan darah, sehingga pengolahan ingatan merupakan salah satu fungsi otak yang terakhir mati.

Apapun itu, kematian merupakan hal yang akan dialami dan tidak bisa dihindari oleh setiap makhluk yang bernyawa. Jadi,  teruslah berbuat baik, manfaatkan hidup sebaik mungkin, dan buatlah kenangan indah bersama keluarga serta semua orang yang kamu sayangi.

Berita Terkait

Berita Terkini