Info

Empat Tanaman Pengusir Nyamuk yang Wajib Kamu Tanam di Rumah

Tanaman pengusir nyamuk dapat mengurangi gangguan nyamuk sehingga menurunkan risiko terkena gigitan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Lavender. (unsplash)
Lavender. (unsplash)

Himedik.com - Pada dasarnya tanaman pengusir nyamuk memang tidak menyebabkan mereka mati seperti obat atau pembasmi nyamuk yang dijual di pasaran.

Meski demikian tanaman tersebut memiliki efek untuk mengurangi gangguan nyamuk sehingga menurunkan risiko terkena gigitan yang menyebabkan kulit gatal, merah, hingga bentol-bentol.

Nah, kalau kamu sering terganggu dengan kehadiran nyamuk, mulai sekarang sebaiknya tanam tanaman berikut di rumah.

1. Lavender

Sudah sejak lama lavender dipercaya ampuh mengusir nyamuk. Bahkan banyak produk pengusir nyamuk buatan menggunakan ekstrak lavender sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Tak hanya bisa mengusir nyamuk, lavender ini memiliki bau yang wangi serta bunga yang cantik sehingga juga cocok dijadikan tanaman hias di rumah.

2. Jahe

Menurut sebuah penelitian, jahe terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena kandungan minyak esensial di dalamnya menghasilkan aroma yang dapat membuat nyamuk menjauh selama beberapa saat.

Jahe. (pixabay)
Jahe. (pixabay)

3. Bawang putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih terbukti bisa digunakan sebagai bahan pembunuh telur dan jentik nyamuk. Jadi selain untuk keperluan dapur, bawang putih juga bermanfaat nih untuk menjaga keluarga dari serangan nyamuk.

4. Seledri

Tak hanya bawang putih dan jahe, bahan dapur satu ini juga bisa mengusir nyamuk lho. Menurut hasil sebuah penelitian, kulit yang diolesi gel dengan kandungan ekstrak seledri sebanyak 5 hingga 25 persen, dapat terhindar dari serangan nyamuk selama sekitar 4,5 jam.

Itulah empat tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu tanam di rumah. Tak hanya bisa usir nyamuk, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bahan di atas untuk keperluan dapur.

Berita Terkait

Berita Terkini