Info

Hati-Hati! Hewan Peliharaan Dapat Tertular Penyakit dari Manusia

Jenis penyakit yang paling umum ditularkan dari manusia ke hewan umumnya adalah infeksi bakteri.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi manusia dengan hewan perliharaannya. (pixabay)
Ilustrasi manusia dengan hewan perliharaannya. (pixabay)

Himedik.com - Hewan peliharaan biasanya yang menjadi penyebab penyakit pada manusia seperti rabies, toksoplasmosis, dan infeksi lainnya. Namun, ternyata ada beberapa hewan peliharaan yang sakit akibat tertular dari penyakit manusia.

Sejumlah penyakit yang umum menyerang manusia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit, jamur, dan mikroorganisme lainnya.

Penyakit-penyakit ini dapat menular lewat udara, sentuhan, air liur, air kencing, feses, dan darah. Jika kamu sedang dalam keadaan sakit dan tetap bermain dengan hewan peliharaan kesayanganmu, maka besar kemungkinan hewan tersebut tertular penyakit dari kamu.

Jenis penyakit yang paling umum ditularkan dari manusia ke hewan umumnya adalah infeksi bakteri, seperti MRSA, TBC, dan infeksi parasit giardia duodenalis, khususnya pada anjing.

Ilustrasi (pixabay)
Anjing. (pixabay)

Sedangkan pada kucing, mereka dapat berisiko tertular virus influenza dari majikannya yang sudah terkena penyakit flu biasa atau flu burung.

Gorila dan simpanse adalah kelompok hewan primata yang memiliki susunan genetik hampir sama dengan manusia. Maka dari itu, dua hewan ini paling rentan tertular penyakit dari manusia seperti campak, influenza, pneumonia, dan virus lainnya.

Untuk menghindari penularan penyakit dari manusia ke hewan peliharaan, jagalah kebersihan dengan selalu cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah menyentuh mereka, membersihkan kandang, dan memberi makan.

Selain itu, jika kamu sedang sakit, tutuplah mulut dan hidung menggunakan masker saat berinteraksi dengan hewan peliharaanmu.

Berita Terkait

Berita Terkini