Info

Mengapa Rasa Kantuk Datang Saat Merasa Bosan?

Kamu pasti sering mengalami ini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Rasa kantuk. (unsplash)
Rasa kantuk. (unsplash)

Himedik.com - Rasa ngantuk pada umumnya datang di saat seseorang kurang tidur. Namun tak jarang perasaan ini juga sering muncul saat seseorang merasa bosan.

Hal ini memang kerap dan wajar terjadi jika seseorang merasa bosan. Lalu, pernahkah kamu berpikir kenapa rasa kantuk datang disaat merasa bosan?

Dari hasil lansiran HiMedik dari dailymail, para peneliti telah menemukan kenapa rasa kantuk datang saat seseorang merasa bosan.

Penelitian ini dikemukakan oleh para ilmuwan dari Universitas Tsukuba di Jepang.

Mereka menemukan nucleus accumbens di otak depan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk menginduksi tidur.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Nature Communications menjelaskan bagian ini melepaskan dopamin untuk membuat seseorang merasakan kesenangan saat melakukan sebuah aktivitas.

Misalnya makan, bercinta atau bahkan bersosialisasi. Namun, jika tidak ada rangsangan maka bagian otak ini tampaknya membuat seseorang menjadi sangat lelah.

Rasa kantuk. (unsplash)
Rasa kantuk. (unsplash)

Disaat itulah kamu merasa ngantuk. Tidur yang cukup tidak banyak mencegah kamu dari keinginan tidur siang saat kamu merasa bosan.

Namun bagi kamu yang ingin tetap terjaga misalnya rasa kantuk yang datang saat di kantor, kamu bisa mencoba beberapa makanan penghilang rasa kantuk ini.

1. Kacang atau biji-bijian

Kacang mengandung lemak omega 3 yang mampu membuatmu terjaga. Gula dalam kacang juga mampu menambah energi sehingga membuatmu makin bersemangat.

2. Yoghurt

Minuman probiotik ini juga menjadi andalan ketika rasa kantuk melanda. Kandungan gula dan juga protein bisa membuat tubuh menjadi tetap fit.

3. Oatmeal

Jika ingin menghindari rasa kantuk, kamu bisa coba santap oatmeal saat sarapan. Oatmeal mengandung vitamin B yang bisa mencegah rasa lelah dan kantuk.

4. Vitamin C

Saat ini sudah banyak minuman vitamin C yang dijual. Kamu bisa menjadikan ini pilihan untuk menghindari rasa kantuk.

Berita Terkait

Berita Terkini