Info

Tiga Sinyal yang Diberikan Tubuh ketika Terlalu Banyak Minum Kopi

Diare merupakan salah satu tanda tubuh terlalu banyak konsumsi kopi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Kopi. (pixabay)
Kopi. (pixabay)

Himedik.com - Bagi sebagian orang, terutama kaum pria, kopi adalah bagian dari gaya hidup. Tiada hari tanpa minum kopi dan tak akan sempurna jika makan tidak ditemani kopi.

Tak hanya itu, bagi perokok aktif, kopi dan rokok merupakan kombinasi sempurna yang tak boleh dilewatkan. Padahal dari segi medis, terlalu banyak minum kopi bisa sebabkan masalah kesehatan.

Nah, kalau tubuh terlalu banyak konsumsi kopi, biasanya tanda-tanda di bawah ini akan kamu alami.

1. Sakit perut
Kopi mengandung zat yang bersifat pencahar, sehingga dipercaya mampu melancarkan sistem pencernaan. Tapi, minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir sehari nyatanya bisa membuat seseorang terkena diare.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya pernyataan dari International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorder, yang memaparkan bahwa diare merupakan salah satu tanda tubuh terlalu banyak konsumsi kopi.

Selain itu, ilmuwan dari Eropa menemukan fakta bahwa senyawa tertentu yang terdapat dalam kopi dapat merangsang sekresi asam lambung.

Ilustrasi sakit perut. (pixabay)
Ilustrasi sakit perut. (pixabay)

2. Mudah cemas
Menurut National Institute of Mental Health, kafein dapat memperburuk rasa cemas yang dialami seseorang. Apalagi jika kamu adalah orang yang mudah cemas, maka sebaiknya hindari konsumsi kopi atau produk lain yang tinggi kafein.

3. Jantung berdetak cepat
Alkohol, nikotin, dan kafein menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi, sehingga jika kamu terlalu banyak minum kopi, jantung akan berdetak cepat.

Kamu perlu waspada mengenai hal ini, pasalnya kondisi serius bisa sebabkan pusing hingga kehilangan kesadaran (pingsan).

Itulah tiga tanda tubuh terlalu banyak minum kopi. Mulai sekarang batasi konsumsinya ya!

Berita Terkait

Berita Terkini