Info

Empat Langkah Berikut Bantu Lancarkan Sistem Pencernaan

Salah satunya, konsumsi banyak air putih.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sistem pencernaan tidak lancar. (pixabay)
Ilustrasi sistem pencernaan tidak lancar. (pixabay)

Himedik.com - Sistem pencernaan yang tidak lancar membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Kalau hal ini terus dibiarkan, maka kesehatan bisa terancam.

Nah, supaya sistem pencernaan lancar dan bekerja dengan baik, cobalah untuk melakukan empat langkah berikut.

1. Minum air yang banyak

Selain untuk mencukupi cairan tubuh, air juga berfungsi membantu melancarkan sistem pencernaan. Air akan bekerja dengan cara membantu memecah serat larut air serta lemak yang terdapat dalam sistem pencernaan, sehingga tubuh dapat mencernanya dengan lebih mudah.

2. Perhatikan konsumsi lemak

Meskipun nutrisi ini juga diperlukan oleh tubuh, tapi lemak sangat sulit dicerna sehingga membuatnya bertahan lebih dalam dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, perhatikan konsumsi lemak jangan sampai melebihi batas konsumsi harian yang diperlukan.

Makanan sehat, (pixabay)
Makanan sehat. (pixabay)

3. Konsumsi banyak serat

Sudah hal pasti bahwa serat merupakan nutrisi penting yang berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi serat juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

4. Konsumsi probiotik

Selain serat, probiotik juga mampu melancarkan pencernaan. Probiotik merupakan bakteri baik yang mirip dengan bakteri dalam usus, sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi serta melawan bakteri jahat.

Makanan yang mengandung probiotik adalah makanan fermentasi seperti yoghurt, keju, tempe, dan lain sebagainya.

Sebenarnya sembelit atau masalah gangguan pencernaan lainnya merupakan hal wajar yang bisa dialami siapa saja. Namun, kalau kamu menerapkan pola makan dan hidup sehat, maka hal tersebut bisa menurunkan risiko gangguan pencernaan. Jadi, jangan malas hidup sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini