Info

Jangan Langsung Minum Kopi Setelah Bangun Tidur, Ini Bahayanya

Minum kopi setelah bangun tidur menyebabkan mudah merasa gugup.

Rauhanda Riyantama

Minum kopi di pagi hari. (pixabay)
Minum kopi di pagi hari. (pixabay)

Himedik.com - Bagi pecandu kopi, minum segelas kopi dalam sehari sudah menjadi agenda wajib yang tak bisa ditinggalkan. Termasuk saat bangun tidur, dengan alasan agar tubuh menjadi lebih segar dan fit.

Namun, menurut Laura Cipullo, ahli diet dan penulis buku Women's Health Body Clock Diet, langsung minum kopi setelah bangun tidur berdampak negatif untuk tubuh. Lantaran menyebabkan mudah merasa gugup.

Cipullo menjelaskan, saat baru bangun tidur tubuh akan dipenuhi dengan hormon kortisol yang merupakan hormon stres, dan kafein dapat meningkatkan respons terhadap kortisol. Selain itu, langsung minum kopi setelah bangun tidur menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lelah dan lesu.

"Sebaiknya minum kopi saat tubuh sedang memproduksi kortisol dalam jumlah sedikit, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun tidur,” kata Cipullo, seperti dilansir Business Insider.

Cipullo juga menyarankan untuk menghindari minum kopi di malam hari. Sebab, kandungan kafein pada kopi dapat bertahan dalam tubuh selama enam jam dan kandungan kafein dapat membuat susah tidur. Efek kopi mencapai puncaknya pada 30 hingga 60 menit setelah diminum.

Walau tak disarankan minum kopi pada waktu tertentu, kopi sebetulnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebuah riset dari Universitas California menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kadar protein sex hormone-binding globulin (SHBG) yang bisa mengontrol aktivitas biologis hormon seks tubuh, seperti testosteron dan estrogen.

Selain itu, kopi juga baik untuk untuk melindungi hati dan jantung, serta menurunkan risiko kepikunan.

Namun, meski kopi bermanfaat, sebaiknya tidak diminum secara berlebihan. Terlalu banyak minum kopi justru akan membuat menjadi lebih mudah gugup, mudah tersinggung, dan juga menyebabkan insomnia.

Berita Terkait

Berita Terkini