Info

Kemasukan Air di Telinga? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Cukup lakukan ini dan air akan segera keluar dari telinga.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Air dapat masuk telinga ketika berenang. (unsplash)
Air dapat masuk telinga ketika berenang. (unsplash)

Himedik.com - Kemasukan air di telinga pasti pernah kamu alami. Biasanya terjadi saat berenang atau bahkan saat mandi.

Ini membuat rasa tidak nyaman bahkan mungkin juga meluas ke tulang rahang atau tenggorokan. Beberapa orang bahkan tidak dapat mendengar atau hanya mendengar suara yang teredam.

Biasanya air akan mengalir ke luar dengan sendirinya. Jika tidak, air yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi telinga.

Agar tidak terjadi infeksi, ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengeluarkan air dari telinga.

1. Goyangkan daun telinga

Karena adanya guncangan, air dapat segera keluar dari telinga. Tarik lembut atau goyangkan daun telinga sambil memiringkan kepala dengan gerakan ke bawah ke arah bahu.

Kamu juga dapat menggelengkan kepala dari sisi ke sisi saat berada di posisi ini. Cara lain adalah dengan melompat sesaat setelah air masuk ke telinga. Lompat sambil memiringkan kepala sehingga air bisa keluar.

2. Gunakan hair dryer

Panas dari hair dryer dapat membantu menguapkan air di dalam saluran telinga. Setel pengering rambut ke pengaturan rendah dan dengan jarak sekitar satu kaki dari telinga, arahkan dengan gerakan maju mundur.

Lakukan sambil menarik telinga, biarkan udara hangat masuk ke telinga.

Ilustrasi. (unsplash)
Ilustrasi. (unsplash)

3. Oleskan kompres panas

Air kadang-kadang bisa terperangkap di saluran eustachio (yang menghubungkan telinga tengah ke daerah tepat di belakang saluran hidung).

Basahi waslap dengan air panas tetapi tidak mendidih. Pastikan kain diperas sebelum kamu menggunakannya.

Miringkan kepala ke bawah pada sisi yang terkena dan tempelkan kain ke bagian luar telinga. Biarkan di telinga selama sekitar 30 detik, lalu lepaskan selama satu menit. Ulangi langkah-langkah di atas empat atau lima kali.

4. Coba tetes telinga dengan alkohol dan cuka

Alkohol dapat membantu menguapkan air di telinga. Alkohol juga berfungsi untuk menghilangkan pertumbuhan bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi.

Jika air yang terperangkap terjadi karena penumpukan kotoran telinga, cuka dapat membantu membersihkannya. Campur alkohol dan cuka untuk membuat obat tetes telinga.

Gunakan pipet steril, tetes tiga sampai empat campuran ini ke telinga. Gosok bagian luar telinga dengan lembut. Tunggu 30 detik dan miringkan kepala ke samping agar larutan keluar.

Jangan gunakan metode ini jika kamu mengalami infeksi telinga atau infeksi gendang telinga.

Berita Terkait

Berita Terkini