Info

Jangan Salah Pilih Makanan, Bisa Pengaruhi Produktivitas Kerja!

Jangan salah pilih, karena makanan bisa pengaruhi produktivitas kerja.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kurang semangat kerja. (pixabay)
Ilustrasi kurang semangat kerja. (pixabay)

Himedik.com - Pada dasarnya semua makanan terutama yang tinggi karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Tapi, apa yang kamu makan umumnya akan memengaruhi bagaimana cara tubuh menjalankan fungsinya dan seberapa baikkah kerjanya.

Sebagai contoh, kalau setelah makan kamu malah merasa lemas, ngantuk, hingga sakit kepala, itu artinya kamu salah memilih menu makanan. Pasalnya efek ini muncul karena makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi lemak, karbohidrat, kalori, tapi minim gizi.

Nah, di dalam tubuh zat-zat tersebut akan diubah menjadi energi sedangkan sisanya membantu tubuh untuk memproduksi hormon kolesistokinin dan glukagon yang menimbulkan rasa kenyang serta menaikkan gula darah. Hormon tersebut juga akan memproduksi melatonin dan serotonin yang memicu rasa ngantuk.

Lalu sesaat setelahnya gula darah termasuk yang menuju ke otak akan langsung turun drastis sehingga membuat kemampuan otak menurun, seperti kurang bisa konsentrasi atau fokus dengan suatu hal.

Ilustrasi makanan bergizi seimbang. (pixabay)
Ilustrasi makanan bergizi seimbang. (pixabay)

Jika itu terjadi ketika kamu masih dalam jam kerja, tentunya akan mengganggu produktivitas serta semangat dalam bekerja. Itulah mengapa kamu tidak boleh asal pilih menu makanan, karena akibatnya bisa fatal. Tak hanya kehilangan pekerjaan, risiko terkena penyakit serius juga meningkat.

Nah, supaya hal itu tidak terjadi, ada baiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah dengan menu makanan sehat dan bergizi seimbang. Jika kesulitan, kamu bisa konsultasikan dengan pakar kesehatan gizi supaya mendapatkan saran asupan makanan yang tepat.

Berita Terkait

Berita Terkini