Info

Mari Lebih Sehat, Ganti Minyak Goreng dengan 3 Pilihan Berikut

Minyak zaitun, biji anggur, dan canola merupakan pilihan terbaik.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Minyak zaitun. (shutterstock)
Minyak zaitun. (shutterstock)

Himedik.com - Banyaknya ragam pilihan minyak goreng yang dijual di pasaran tak jarang membuat para konsumen bingung untuk memutuskan memilih produk yang mana. Mulai sekarang tak perlu bingung, daripada menggunakan minyak goreng lebih baik gunakan 3 alternatif pengganti minyak goreng berikut yang tentunya lebih sehat.

1. Minyak biji anggur
Minyak biji anggur mengandung lemak tak jenuh tunggal sebanyak 17 persen, lemak tak jenuh ganda 73 persen, dan lemak jenuh 10 persen. Ketika digunakan untuk keperluan menggoreng, minyak ini akan memproduksi senyawa aldehid yang lebih rendah daripada minyak hewani seperti mentega.

Pada dasarnya aldehid tidaklah berbahaya. Tapi aldehid berkaitan dengan penumpukan gugus karbonil di tubuh yang mengakibatkan penyakit hati, hipertensi, diabetes, dan penyakit penuaan lainnya.

2. Minyak canola
Minyak canola mengandung lemak tak jenuh tunggal sebanyak 62 persen, lemak tak jenuh ganda 31 persen, dan lemak jenuh 7 persen. Rasanya yang netral dengan titik asap tinggi membuatnya lebih cocok dijadikan pilihan untuk olahan tumis dan panggang.

3. Minyak zaitun
Kandungan lemak tak jenuh tunggal 78 persen, lemak tak jenuh ganda 8 persen, dan lemak jenuh 14 persen. Minyak zaitun juga kaya polifenol yaitu antioksidan yang berkaitan dalam menjaga kesehatan jantung.

Minyak ini disarankan digunakan untuk menumis atau menggoreng karena senyawa aldehid yang dihasilkan termasuk rendah dan lebih stabil ketika dipanaskan.

Lalu mengapa ketiga minyak tersebut di atas yang disarankan?

Ketiga minyak di atas kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mana keduanya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini