Info

Bukan Jantung, 3 Penyakit Ini Juga Ditandai dengan Nyeri Dada

Nyeri dada tidak hanya mengindikasikan ada masalah pada organ jantung.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)
Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)

Himedik.com - Dada terasa nyeri kerap dikaitkan dengan adanya masalah pada jantung. Padahal nyeri dada tak hanya berkaitan dengan sakit jantung lho. Beberapa penyakit di bawah ini juga ditandai dengan rasa sakit atau nyeri di bagian dada.

1. Pankreatitis

Pankreatitis merupakan kondisi peradangan pankreas. Pankreas sendiri letaknya memanjang di belakang perut.

Meski letaknya di perut, rasa sakit yang berlebihan akan terasa di sekitar dada. Sehingga, kamu bisa saja menganggap ada masalah pada jantung. Untuk itu kamu perlu ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan pasti.

2. GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan kondisi yang kerap dialami oleh penderita mag kronis. GERD adalah refluks asam ringan di mana asam lambung mengalir kembali ke esofagus.

Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)
Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)

3. Costochondritis

Costochondritis merupakan peradangan pada persendian kostokondral, yaitu tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada. Gejala utama penyakit ini adalah sakit dada yang dapat muncul perlahan maupun tiba-tiba dan akan bertambah sakit jika menarik napas panjang.

Sakit dada merupakan indikasi adanya masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Maka dari itu segera lakukan pemeriksaan ketika mengalami keluhan.

Berita Terkait

Berita Terkini