Info

Lima Cara Musik Dapat Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan

Sudah dengar musik belum hari ini?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Mendengarkan musik. (unsplash)
Mendengarkan musik. (unsplash)

Himedik.com - Bagi beberapa orang, mendengarkan musik menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. Bahkan ada yang menganggap 'Tanpa musik hidupnya tak ada arti'.

Alih-alih menjadi sumber hiburan belaka, musik memang membawa banyak manfaat terutama untuk kesehatan fisik dan mental.

Musik yang tenang dapat membuatmu lebih konsentrasi ketika mengerjakan tugas, sementara musik yang semangat bisa membawamu lebih semangat lagi.

Dilansir dari Medicaldaily, berikut cara musik meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

1. Olahraga lebih efektif

Sebagian besar dari kita lebih suka mendengarkan musik ketika sedang berolahraga. Ternyata soundtrack yang bagus dapat meningkatkan efisiensi olahraga karena menunda kelelahan.

Dalam penelitian terbaru, peneliti juga menemukan musik dapat menyebabkan perubahan dalam aktivitas otak seperti menimbulkan kebahagiaan.

2. Mengurangi tingkat stres

Dalam studi tahun 2016, penelitian menunjukkan hormon kortsiol menunjukkan penurunan signifikan pada lebih dari 100 orang. Responden diteliti ketika mereka selesai menghadiri dua konser di Inggris.

Olahraga sembari mendengarkan musik. (thinkstock)
Olahraga sembari mendengarkan musik. (thinkstock)

Kadar kortisol yang tinggi untuk jangka waktu lama dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Penelitian ini juga tidak menemukan hubungan dengan faktor usia dan jenis musik yang dimainkan saat konser.

3. Peningkatan kemampuan kognitif

Studi tahun 2018, anak-anak yang memiliki kelas musik ditemukan mempunyai keterampilan kognitif yang lebih baik. Ini termasuk peningkatan bahasa, memori jangka pendek visual dan spasial, perencanaan, dan sebagainya.

''Ini menunjukkan keterampilan kognitif yang dikembangkan selama pelajaran musik dapat memengaruhi kemampuan kognitif anak-anak dalam mata pelajaran yang sama sekali tidak terkait, yang mengarah ke peningkatan kinerja akademis secara keseluruhan,'' kata pemimpin studi Dr. Artur Jaschke dari Vrije Universiteit Amsterdam.

4. Sistem kekebalan tubuh terjaga

Mendengarkan musik dapat meningkatkan tingkat antibodi dan sel pembunuh alami yang memainkan peran penting dalam mencegah infeksi dan kuman berbahaya.

Terapi musik juga membantu meringankan nyeri dan juga kanker. Inilah yang menyebabkan para peneliti menyarankan musik sebagai komponen non-farmakologis untuk pengurangan rasa sakit.

5. Peningkatan produktivitas

Kamu pasti pernah mengalami di kantor ketika kamu bosan lalu mendengarkan musik favoritmu dan jadi semangat lagi.

Menurut Dr. Joanne Cantor dari University of Wisconsin-Madison, musik dapat membuat tugas menjadi kurang membosankan dan meningkatkan gairan serta kewaspadaan.

Jadi, sudah dengar musik belum hari ini?

Berita Terkait

Berita Terkini