Info

Mahasiswa Simak Nih, 4 Langkah Mudah Atasi Stres Selama Kuliah

Sesekali tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri di tengah kegiatan yang padat.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak kuliah stres. (pixabay)
Ilustrasi anak kuliah stres. (pixabay)

Himedik.com - Kamu yang baru masuk kuliah pasti dihadapkan dengan segudang kegiatan yang tentunya banyak menguras energi dan pikiran. Tak jarang hal tersebut membuat kamu stres. Nah, untuk mengatasinya cobalah lakukan hal mudah berikut ini.

1. Jangan memaksakan diri

Tidak ada salahnya mengikuti banyak kegiatan atau organisasi kemahasiswaan. Tapi jangan sampai hal tersebut membuatmu lupa waktu dan memaksakan diri sendiri hingga lupa waktu istirahat.

Seorang ahli di bidang manajemen stres, J. David Forbes, MD, menyatakan bahwa sepadat dan sesibuk apapun kegiatan harianmu tetap luangkan waktu untuk tidur yang cukup.

Hal ini karena kurang tidur membuat kinerja otak menurun sehingga kamu akan sulit berkonsentrasi, akibatnya kamu akan kesulitan memahami apa yang disampaikan di perkuliahan.

2. Manjakan diri

Lelah dengan segala aktivitas cobalah untuk manjakan diri sejenak. Karaoke, nonton, pergi ke salon atau jalan-jalan ke tempat yang disukai akan membuat hatimu merasa senang sehingga stres bisa teratasi.

Bioskop. (pixabay)
Bioskop. (pixabay)

3. Cukupi nutrisi

Anak kuliahan identik dengan makanan instan seperti mie atau semacamnya demi mengirit uang saku. Padahal makanan instan minim gizi sedangkan tubuh butuh nutrisi supaya tetap fit dan bugar.

4. Olahraga

Olahraga ringan seperti jalan kaki keliling komplek atau lari-lari kecil selama 10 menit setiap hari cukup kok untuk membuat tubuhmu tetap bugar. Kalau tubuh sehat tentunya stres juga bisa dihindari bukan?

Itulah empat langkah mudah untuk atasi stres masa kuliah. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini