Info

Paul Allen Pendiri Microsoft Meninggal Dunia Karena Kanker

Ia meninggal karena kanker getah bening.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Paul Allen. (Allen Institute for Brain Science)
Paul Allen. (Allen Institute for Brain Science)

Himedik.com - Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen meninggal di usia 65 tahun. Dia meninggal pada Senin (15/10/2018) karena menderita limfoma non-hodgin untuk ketiga kalinya.

Allen meninggal dua minggu setelah mengabarkan kalau dirinya mengidap kanker getah bening. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan perusahaannya, Vulcan, Paul Allen telah menderita kanker sejak 2009.

Sementara itu, Bill Gates yang juga salah satu pendiri Microsoft turut bersedih dengan kepergian salah satu teman tersayangnya. Pasalnya mereka adalah teman SMA sekaligus teman masa kecil.

Meskipun tak seterkenal Bill Gates, Paul Allen memainkan peran penting dalam mengembangkan komputer pribadi karena komputer pada saat itu berukuran sebesar ruangan dan dinilai terlalu mahal untuk kebanyakan orang.

Dilansir dari The Guardian, Allen-lah yang memberikan nama Microsoft dan memberikan ide untuk menulis program perangkat lunak komputer mikro pertama di dunia.

''Selama delapan tahun pertama, gagasan saya jelas merupakan kunci bagi perusahaan. Bill akan menguji gagasan saya. Saya akan berikan 10 ide lagi untuknya," kata Paul Allen kepada Guardian dalam wawancara 2011 .

"Ketika datang ke bagian penjualan, pemasaran dan kepegawaian, dia jauh lebih bersemangat di sisi bisnis, jadi kami sangat komplementer,'' imbuhnya.

CEO Microsoft, Satya Nadella, mengatakan, ''Sumbangan Paul Allen kepada perusahaan kami, industri kami, dan komunitas kami sangat diperlukan.

Paul Allen dan Bill Gates pada tahun 1981. (theguardian)
Paul Allen dan Bill Gates pada tahun 1981. (theguardian)

Sebagai salah satu pendiri Microsoft, dengan caranya sendiri yang tenang dan gigih, dia menciptakan produk, pengalaman, dan institusi ajaib, dan dengan melakukan itu, dia mengubah dunia,'' ungkapnya.

Allen mendirikan Vulcan pada pertengahan tahun 80-an untuk berinvestasi di perusahaan media dan komunikasi termasuk DreamWorks Animation dan perusahaan kabel Piagam Komunikasi.

Beberapa eksekutif teknologi pun memberi penghormatan kepada Allen di Twitter.

Kami kehilangan pelopor teknologi hebat hari ini. Terima kasih Paul Allen atas kontribusimu yang sangat besar kepada dunia melalui karya dan filantropi,'' kata CEO Google, Sundar Pichai.

CEO Apple, Tim Cook, menambahkan, ''Industri kami telah kehilangan pionir dan dunia kita telah kehilangan kekuatan untuk selamanya. Kami menyampaikan belasungkawa kami yang terdalam kepada teman-teman Paul, keluarga Allen, dan semua orang di Microsoft.''

Marc Benioff, CEO Salesforce, menggambarkan Allen sebagai pemimpin hebat dalam teknologi dan seorang pria yang sepenuhnya menikmati hidup dan kekayaannya namun juga memberi kembali kepada dunia dalam skala besar.''

Berita Terkait

Berita Terkini