Info

Lakukan Empat Langkah Berikut untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satunya adalah menghindari konsumsi kopi di sore hari.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tidur.
Ilustrasi tidur.

Himedik.com - Menurut sebuah penelitian, kualitas tidur yang buruk dapat memberikan dampak buruk pada fungsi otak dan hormon. Tak hanya itu risiko obesitas dan penyakit berbahaya lainnya juga akan meningkat jika kualitas tidur tak dijaga.

Nah, jika kamu memiliki masalah dengan hal itu, cobalah lakukan langkah berikut.

1. Tingkatkan pencahayaan di siang hari ketika tidur siang

Tubuh memiiliki jam pengatur alami yang disebut sebagai ritme sirkadian. Hal tersebut memengaruhi otak dan hormon, yang membantu tubuh tetap terjaga serta memberi tahu tubuh kapan waktunya untuk tidur.

Ketahuilah, sinar matahari atau cahaya terang di siang hari akan membantu menjaga ritme sirkadian. Bahkan pada pasien insomnia, paparan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Oleh sebab itu, ketika tidur siang, biarkan kelambu jendela terbuka supaya sinar matahari masuk dan menerangi ruangan.

2. Jangan tidur siang terlalu lama

Menyambung dari poin sebelumnya, ingatlah untuk tidak tidur siang terlalu lama karena hal ini dapat membuat kamu sulit tidur di malam hari. Sebaliknya tidurlah dalam waktu singkat. Pasalnya menurut sebuah penelitian, tidur siang selama 30 menit atau kurang dapat meningkatkan fungsi otak.

Ilustrasi tidur. (pixabay)
Ilustrasi tidur siang. (pixabay)

3. Hindari konsumsi kafein di sore hari

Kafein memang dapat meningkatkan konsentrasi, tapi kafein akan menimbulkan masalah jika dikonsumsi sore hari. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat memperburuk kualitas tidur.

Hal ini karena kafein akan tetap meningkat di dalam darah selama enam hingga delapan jam. Jadi, kalau kamu sulit tidur, salah besar jika pulang kerja malah minum kopi.

4. Konsumsi ramuan herbal

Beberapa ramuan herbal dapat memberikan efek relaksasi sehingga membantu tidur lebih nyenyak, di antaranya adalah ginkgo biloba dan lavender.

Ginkgo biloba merupakan tanaman herbal yang dapat mengurangis stres dan membuat tubuh relaks sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Begitu pula lavender yang dapat memberikan efek menenangkan sehingga memperbaiki kualitas tidur.

Itulah empat langkah mudah untuk memperbaiki kualitas tidur. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini